sajada kiblat fashion

 

Wujudkan Indonesia Sebagai Kiblat fashion Muslim Dunia

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi ini seharusnya tidak menjadikan Indonesia, hanya kembali menjadi sasaran target pasar dari negara-negara lain untuk memasarkan produk atau jasa khususnya yang bersifat Islami. Potensi ini harus menjadi sebuah modal awal untuk melangkah sebagai pemain terdepan.

Salah satu produk khas islami yang kini sedang menjadi primadona pasar dunia adalah fashion. Dan saat ini Indonesia berada di posisi ke-5 sebagai konsumen busana muslim terbesar dunia dengan nilai US$12,69 miliar.

Urutan pertama hingga keempat ditempati oleh Turki (US$24,84 miliar), Uni Emirat Arab (US $18,24 miliar), Nigeria (US$14,99 miliar), dan Arab Saudi (US$14,73 miliar). Sementara itu, eksportir terbesar pakaian muslim adalah Cina dengan nilai US$28,629 juta, diikuti India (US$3,872 juta) dan Turki (US$2,338 juta).

Pada tahun 2015, tercatat ekspor produk busana muslim berhasil menembus US$4,57 miliar dan pada Januari 2016 mengalami peningkatan 2,13 persen dibandingkan dengan Januari 2015 dari US$366,2 Juta menjadi US$374 Juta.

Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat sekitar 20 juta penduduk Indonesia yang telah menggunakan hijab dan menurut data dari 750 ribu IKM yang di Indonesia, 30 persennya merupakan industri fashion muslim.

Jika hal ini terus meningkat, akan terangkat pula perekonomian Indonesia melalui IKM fashion muslim.

Melihat potensi tersebut, Kementerian Perdagangan pun bertekad menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia pada 2020. Predikat sebagai kiblat fashion Muslim dunia sangat pantas mengingat Indonesia negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Fashion Muslim Indonesia sangat khas dan beragam dibandingkan dengan negara lain. Hijab ala Timur Tengah yang rata-rata berwarna hitam sementara negara Malaysia, Singapura, dan Brunei yang hanya terpaku memakai baju kurung dan kerudung. Sementara di Eropa Hijab dipadukan dengan celana jins, blus lengan panjang dan scarf.

Indonesia pun memiliki banyak sumber daya kreatif, juga warisan budaya yang melimpah yang akan memperkaya ragam fashion untuk muslim. Misalnya busana khas daerah seperti di Aceh, Minang, dan daerah lain yang tertutup dan sudah sangat sekarakter dengan fashion Muslim.

Selanjutnya yang harus diperhatikan untuk bermain di kancah internasional adalah pemilihan material, detail desain, hingga kualitas produksi yang sesuai dengan standar negara-negara besar.


Bandung Pusat Industri Fashion Muslim

Saat pertemuan Forum Ekonomi Islam Dunia atau World Islamic Economic Forum (WIEF) di Jakarta beberapa hari yang lalu, Presiden Jokowi, menunjuk Kota Bandung melalui Walikotanya Ridwan Kamil untuk menjadi pusat ekonomi berbasis industri fashion muslim di Indonesia.

Ridawan kamil mengatakan “Iya kemarin di Jakarta saya diminta Pak Jokowi untuk mengembangkan industri fashion muslim dan Bandung ditunjuk sebagai centre of excelent fashion muslim Indonesia karena memang keunggulan Bandung adalah dibidang fashion.”

"Khusus untuk pengeluaran fashion negara-negara muslim sedunia per tahun kurang lebih 230 miliar dolar Amerika. Ini merupakan peluang yang sangat besar jika bisa di manfaatkan dengan baik oleh industri fashion Bandung" Lanjutnya.

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


BERITA

Mendapatkan Sertifikat Mualaf di Masjid

Sertifikat Mualaf ini menjadi penting untuk mereka yang berniat menikah secara resmi melalui KUA (Kantor Urusan Agama), karena KUA memberlakukan persyaratan.

Jika Islam adalah Sebuah Brand

Jika Islam adalah sebuah Brand, maka pendakwah adalah pemegang peranan fungsi Marketing dan Public Relation. Bila terjadi pergeseran persepsi, maka saatnya kita koreksi diri dan kembali kepada value dan cara memasarkan (dakwah) seperti yang diajarkan Rasulullah.

 

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

 

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya. 

Serbuan Produk Haram Mengandung Babi

 

Masalah produk haram tentunya bukan semata menjadi tanggung jawab MUI, karena jika bukan dari kita sendiri sebagai konsumen yang hanya akan membeli produk dengan label halal dari MUI, maka produsen tidak akan merasa berkepentingan untuk menyematkan label halal. 

Bijaksana Dalam Share Di Media Sosial

Jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

TAUSIAH

Yahya Zainul Ma'arif | Buya Yahya

Yahya Zainul Ma'arif yang lebih akrab disapa Buya Yahya, ladalah pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon.

Diskusi Kedai Kopi 1 (Tuhan?)

"Kau percaya benda-benda mati itu bisa menciptakan sesuatu tetapi sementara kau menolak setengah mati, bahwa ada “Sesuatu yang Maha Cerdas” yang kebetulan tidak kau kenal karena tak bisa kau lihat, yang telah menciptakan alam semesta dan segala isinya termasuk makhluk hidup hanya karena kita menyebutnya dengan istilah “Tuhan?

Rahasia Waktu Subuh

"Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak."

Inspirasi Rezeki dari Saudi Arabia

Yang saya heran didalam kemalasan mereka tapi saat Dhuha dan adzan sholat berkumandang, mereka bergegas untuk pergi ke Masjid, tidak ada kompromi. Di balik santai nya mereka, yang kita sebut malas, ternyata mereka adalah orang2 bertaqwa.

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

BELAJAR ISLAM

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Rukun Islam

Rukun adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi, jadi Rukun Islam adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang muslim atau muslimat.

KH. Hasyim Asy'ari

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia.

Imam Bukhari

Imam Bukhari adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para ahli haditsUntuk mengumpulkan dan menyeleksi hadits shahih, Bukhari menghabiskan waktu selama 16 tahun untuk mengunjungi berbagai kota guna menemui para perawi hadits.

Mengenal Jenis dan Sejarah Hadist

 

Pada masa awal Rasulullah melarang penulisan hadits agar tidak tercampur dengan periwayatan Al Qur'an. Setelah beberapa waktu, Rasulullah memperbolehkan penulisan hadits dari beberapa orang sahabat.