sajada syariah

 

Kongres Ekonomi Umat 2017

Indonesia adalah negeri dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Potensi ini seharusnya tidak menjadikan Indonesia, hanya kembali menjadi sasaran target pasar dari negara-negara lain untuk memasarkan produk atau jasa khususnya yang bersifat Islami.

Sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, berdasarkan indeks termuat dalam Global Islamic Economy Report (GIER) 2016-2017 yang disusun oleh Dubai Islamic Economy Development Center dan Thomson Reuters yang berkolaborasi dengan DinarStandar, Indonesia hanya berada di peringkat sepuluh dengan skor 36. Posisi itu tak berubah jika dibandingkan laporan tahun periode sebelumnya (2015-2016).

Angka tiga besar, ditempati oleh Malaysia dengan skor 121, Uni Emirat Arab dengan skor 86 dan Bahrain dengan skor 66.

Laporan tersebut terdapat enam sektor yang bisa menjadi indikator perkembangan terkini ekosistem ekonomi Islam di 73 negara (diantaranya 57 anggota adalah anggota Organisasi Kerja
sama Islam-OKI), yaitu.

1. Industri makanan halal (halal food)
2. Keuangan syariah (Islamic finance)
3. Wisata halal (halal travel),
4. Busana (modest fashion).
5. Hiburan dan media halal (halal media and recreation)
6. Farmasi -kosmetik halal (halal pharmaceuticals and
cosmetics).

Dari kesemuanya, sayangnya hanya 2 sektor yang sudah terlihat pergerakkannya, yaitu keuangan syariah (Indonesia peringkat 9) dan farmasi-kosmetik (Indonesia peringkat 8).

Sementara Malaysia sudah tampak lebih maju di tiga sektor, yaitu halal food (peringkat 5), halal travel (peringkat2), dan farmasi-kosmetik (peringkat 2).

Ekonomi syariah global diprediksi bakal terus membesar seiring meningkatknya kesadaran masyarakat muslim dunia mengonsumsi produk-produk halal.

GIER 2016-2017 mengestimasi belanja muslim global mencapai di atas 1,9 triliun dolar AS dan aset keuangan syariah sekitar 2 triliun dolar AS, pada 2015. Berpotensi meningkat, masing- masing 3 triliun dolar AS dan 3,5 triliun dolar AS pada 2021.

Tentunya Indonesia diharapkan dapat menjadi pemain terdepan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Kendalanya adalah terletak di kesadaran masyarakat Islam di Indonesia terhadap keharusan menggunakan produk-produk atau jasa syar'i dan halal.

Ekonomi syariah belum menjadi kepentingan nasional, sehingga belum ada payung dan arahan yang pasti untuk mendukung industri halal nasional.

Berbagai produk bahkan selain makanan, misalnya fashion, makeup, dan sebagainya yang mengandung unsur misalnya babi, alkohol dan sebagainya. Bahan sutera dan emas untuk laki-laki masih tetap di konsumsi atau dipakai oleh penduduk muslim di Indonesia.

Pengetahuan dan penerapan aqidah Islam yang baiklah yang diharapkan bisa menjadikan ekonomi syariah menjadi kepentingan nasional.

 

 

SAJADA Media Islam Inspiratif 


 

BERITA

Wujudkan Indonesia Sebagai Kiblat fashion Muslim Dunia

 

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi ini harus menjadi sebuah modal awal untuk melangkah sebagai pemain terdepan. 

Tantangan Ekonomi Syariah

 

Indonesia adalah negeri dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Potensi ini seharusnya tidak menjadikan Indonesia, hanya kembali menjadi sasaran target pasar. 

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

Mendapatkan Sertifikat Mualaf di Masjid

 

Sertifikat Mualaf ini menjadi penting untuk mereka yang berniat menikah secara resmi melalui KUA (Kantor Urusan Agama), karena KUA memberlakukan persyaratan. 

Bijaksana Dalam Share Di Media Sosial

 

Jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

TAUSIAH

Mereka Yang Didoakan Oleh Para Malaikat

 

Malaikat pun senantiasa mendoakan manusia, sehingga atas kedudukannya yang mulia, tentunya kita pun berharap menjadi termasuk manusia yang didoakan oleh para malaikat.

Sarung

 

Catatan kali ini bercerita tentang sebuah benda yang sangat terkenal. Biasa dipakai oleh kaum laki-laki dewasa untuk menghalau angin malam saat ronda, sebagai pelindung dari gigitan nyamuk saat tidur.

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

 

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

Apa Yang Akan Kau Makan Nak, Jika Aku Wafat?

 

Bukankah untuk anak apapun akan kita lakukan? Akan sangat menyedihkan jika bukan ucapan terimakasih dan pelukan sayang yang kita terima saat berada di negeri akhirat, tetapi pemandangan buruk dari siksaan yang mereka terima dan tuntutan keadilan.

Doa Sebelum dan Sesudah Bepegian

 

BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAH

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah

BELAJAR ISLAM

Rukun Sholat

 

Rukun Shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tidak sah. 

Imam Bukhari

 

Imam Bukhari adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para ahli haditsUntuk mengumpulkan dan menyeleksi hadits shahih, Bukhari menghabiskan waktu selama 16 tahun untuk mengunjungi berbagai kota guna menemui para perawi hadits.

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Syarat Sah Sholat

 

Untuk melaksanakan Sholat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sholat yang kita lakukan menjadi sah atau  diterima oleh Allah SWT. 

Mahzab Ulama Fiqih

Mazhab menurut ulama fiqih, adalah sebuah metodologi fiqih khusus yang dijalani oleh seorang ahli fiqih mujtahid, yang berbeda dengan ahli fiqih lain, yang menghantarkannya memilih sejumlah hukum dalam kawasan ilmu furu'. Ini adalah pengertian mazhab secara umum.