sajada syariah

 

Kongres Ekonomi Umat 2017

Indonesia adalah negeri dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Potensi ini seharusnya tidak menjadikan Indonesia, hanya kembali menjadi sasaran target pasar dari negara-negara lain untuk memasarkan produk atau jasa khususnya yang bersifat Islami.

Sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, berdasarkan indeks termuat dalam Global Islamic Economy Report (GIER) 2016-2017 yang disusun oleh Dubai Islamic Economy Development Center dan Thomson Reuters yang berkolaborasi dengan DinarStandar, Indonesia hanya berada di peringkat sepuluh dengan skor 36. Posisi itu tak berubah jika dibandingkan laporan tahun periode sebelumnya (2015-2016).

Angka tiga besar, ditempati oleh Malaysia dengan skor 121, Uni Emirat Arab dengan skor 86 dan Bahrain dengan skor 66.

Laporan tersebut terdapat enam sektor yang bisa menjadi indikator perkembangan terkini ekosistem ekonomi Islam di 73 negara (diantaranya 57 anggota adalah anggota Organisasi Kerja
sama Islam-OKI), yaitu.

1. Industri makanan halal (halal food)
2. Keuangan syariah (Islamic finance)
3. Wisata halal (halal travel),
4. Busana (modest fashion).
5. Hiburan dan media halal (halal media and recreation)
6. Farmasi -kosmetik halal (halal pharmaceuticals and
cosmetics).

Dari kesemuanya, sayangnya hanya 2 sektor yang sudah terlihat pergerakkannya, yaitu keuangan syariah (Indonesia peringkat 9) dan farmasi-kosmetik (Indonesia peringkat 8).

Sementara Malaysia sudah tampak lebih maju di tiga sektor, yaitu halal food (peringkat 5), halal travel (peringkat2), dan farmasi-kosmetik (peringkat 2).

Ekonomi syariah global diprediksi bakal terus membesar seiring meningkatknya kesadaran masyarakat muslim dunia mengonsumsi produk-produk halal.

GIER 2016-2017 mengestimasi belanja muslim global mencapai di atas 1,9 triliun dolar AS dan aset keuangan syariah sekitar 2 triliun dolar AS, pada 2015. Berpotensi meningkat, masing- masing 3 triliun dolar AS dan 3,5 triliun dolar AS pada 2021.

Tentunya Indonesia diharapkan dapat menjadi pemain terdepan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Kendalanya adalah terletak di kesadaran masyarakat Islam di Indonesia terhadap keharusan menggunakan produk-produk atau jasa syar'i dan halal.

Ekonomi syariah belum menjadi kepentingan nasional, sehingga belum ada payung dan arahan yang pasti untuk mendukung industri halal nasional.

Berbagai produk bahkan selain makanan, misalnya fashion, makeup, dan sebagainya yang mengandung unsur misalnya babi, alkohol dan sebagainya. Bahan sutera dan emas untuk laki-laki masih tetap di konsumsi atau dipakai oleh penduduk muslim di Indonesia.

Pengetahuan dan penerapan aqidah Islam yang baiklah yang diharapkan bisa menjadikan ekonomi syariah menjadi kepentingan nasional.

 

 

SAJADA Media Islam Inspiratif

 


BERITA

Jika Islam adalah Sebuah Brand

Jika Islam adalah sebuah Brand, maka pendakwah adalah pemegang peranan fungsi Marketing dan Public Relation. Bila terjadi pergeseran persepsi, maka saatnya kita koreksi diri dan kembali kepada value dan cara memasarkan (dakwah) seperti yang diajarkan Rasulullah.

 

Mendapatkan Sertifikat Mualaf di Masjid

Sertifikat Mualaf ini menjadi penting untuk mereka yang berniat menikah secara resmi melalui KUA (Kantor Urusan Agama), karena KUA memberlakukan persyaratan.

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

Tata Cara Pengurusan Sertifikat Halal MUI

 

Sertifikat Halal MUI adalah fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syari’at Islam. Sertifikat Halal MUI ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. 

Mengejar Ilmu Dari Media Sosial, Amankah?

 

Ada hal yang harus kita ingat, di dalam dunia maya, siapa pun bisa menulis apa saja dan bisa membuat video apa saja. Tentunya butuh kehati-hatian dalam menerima informasi. 

TAUSIAH

Diskusi Kedai Kopi 2 (Agama?)

"Selanjutnya kami akan mencari panduan, karena menurut akal kami, kami adalah produk luar biasa yang tidak diciptakan kecuali untuk tujuan yang Dia mau, setelah kami menemukan panduan yang menurut akal benar-benar merupakan panduan otentik dari pencipta kami, maka kami melaksanakan panduan tersebut."

Islamic Book Fair 2017 3-7 Mei 2017

Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun 2017 merupakan Pameran buku Islam terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, 3-7 Mei 2017.

Karena Maut Tak Menanti Kesiapan

Tidak seorang pun dari kita yang dapat menghindari kematian dan dipastikan akan meneruskan hidup setelah mati, pada episode alam-alam yang dijanjikan Allah. Siapkah kita bila saat itu datang?

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz  Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017

BELAJAR ISLAM

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Mengenal Sifat Allah

Sifat Allah itu tidak terhitung atau tidak mungkin terdefinisi oleh ilmu manusia yang terbatas.

Hanya saja para ulama terdahulu mencoba membuat metode membatasi sifat Allah yang kita kenal dengan "20 sifat wajib" agar kita dapat lebih mudah mengenal Allah melalui sifat-Nya.

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Kisah Nabi Musa & Wanita Penzina

Malaikat Jibril lalu bertanya, “Mengapa engkau menolak seorang wanita yang hendak bertaubat dari dosanya? Tidakkah engkau tahu dosa yang lebih besar daripadanya?

Rukun Iman

Rukun Iman adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang dapat dikatakan beriman. Iman sering diartikan dengan percaya atau secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan).