Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Tetapi rupanya kesadaran untuk menerapkan syariah islam dalam kehidupan sehari-hari, ghirahnya baru terlihat pada belakangan ini.

Patokan umum yang biasa dipakai untuk menakar kuantitas kesungguhan umat muslim dalam berislam adalah sholat subuh berjamaah. Saat ini kampanye sholat subuh berjamaah ramai digaungkan oleh para pejuang subuh, mulai dari para pengurus masjid hingga para pejabat publik yang telah banyak diisi oleh kalangan muslim yang mau memperjuangkan kebangkitan Islam, mulai terlihat perkembangannya.

Banyak pula sinyal-sinyal lain yang juga bisa dijadikan penanda meningkatnya kesadaran umat muslim di Indonesia dalam berislam, seperti meningkatnya kesadaran para wanita menggunakan hijab, kesadaran untuk mengurangi ketergantungan hingga meninggalkan praktek riba, selektif dalam memilih produk yang halal, bahkan hingga ke urusan politik dalam memilih pemimpin. Yang tadinya tuntutannya hanya sekedar pemimpin muslim, kini umat muslim di Indonesia ingin pemimpin muslim yang juga secara nyata memperjuangkan Islam.


Tantangan Demand Ekonomi Syariah

Mencermati fenomena umat muslim Indonesia yang tengah meningkat kesadaran beragamanya, hal ini rupanya menciptakan demand nuansa islami pada sektor ekonomi. Jika awalnya sentuhan syariah baru menyentuh pada urusan perbankan, belakangan ini mulai menyentuh pada bidang-bidang lain di perekonomian.

Hal ini sejalan dengan pernyataan oleh Ketua Umum MUI KH. Ma'ruf Amin, "Tidak hanya perkembangan keuangan syariah yang harus dicapai, namun juga laju perekonomian syariah mesti pula didongkrak. (6/2/2018).

Dalam bidang keuangan, setelah menjamurnya bank-bank syariah, kini telah hadir jasa keuangan sektor pembayaran berbasis aplikasi yang dipimpin Ustadz Yusuf Mansur, yaitu Paytren yang telah mendapat sertifikasi syariah dari MUI dan izin dari OJK. Kehadiran Paytren ditengah maraknya serbuan Fintech, merupakan langkah inspiratif untuk menggenjot kehadiran berbagai peran bisnis bernafas syariah dalam kancah ekonomi modern.

Dalam bidang ekonomi selain sektor keuangan, tampaknya tantangan demand syariah pun mulai melahirkan bisnis perumahan, hotel, wisata, kuliner, sekolah dan sebagainya yang ditempel dengan kata syariah atau islami. Fenomena ini bahkan mendorong pakar marketing Indonesia, Hermawan Kertajaya (non muslim) untuk berbicara tentang keunggulan bisnis syariah dalam seminarnya dan menulis buku bersama M. Syakir berjudul Syariah Marketing. Keunggulan bisnis syariah membuat pakar ekonomi Indonesia, sekaligus pakar ekonomi syariah mengatakan “Spiritual is the Soul of Advance and Integrated Marketing”.


Perkembangan Ekonomi Syariah Indonesia Tertinggal

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, rupanya Indonesia sudah tertinggal dibandingkan negara-negara lain yang mempunyai banyak penduduk muslim, seperti Uni Emirat Arab, Kuwait, Malaysia, bahkan Singapura.

Tak cuma negara-negara berpenduduk muslim, perkembangan ekonomi syariah, rupanya juga menjamur di negara-negara Eropa. Ini terjadi saat krisis global. Tidak ada satu pun sektor yang bisa menghindari krisis global, akan tetapi keuangan syariah menunjukan ketahanan yang sangat luar biasa. Hal ini pun memicu ketertarikan negara Barat lainnya terhadap konsep ekonomi Islam, seperti Perancis, Jerman, dan Italia yang pada akhirnya juga mengadopsi sistem ini.

Inggris, meskipun bukan negara muslim, tetapi menjadi negara termaju dalam menerapkan ekonomi syariah di Eropa. Sejak awal perekonomian Inggris memang didasari kesejahteraan sosial yang dipadukan dengan pasar bebas. Alasan itulah yang membuat Inggris merasa cocok dengan sistem ekonomi syariah.

Hal ini bahkan sudah berkembang sejak lama, Menurut MS Hidayat, Ketua Umum Kadin Indinesia (Mei,2009), "Ketertarikan negara-negara Eropa terhadap ekonomi syariah, sebetulnya sudah lama terungkap melalui pernyataan Gordon Brwon saat masih menajdi menteri keuangan tahun 2007, bahwa Inggris siap menjadi pusat keuangan syariah dunia." ketertarikan ini akhirnya terbukti dengan Inggris menjadi negara barat dengan bank syariah terbanyak berkat dukungan pemerintah, menurut laporan international Financial Services London (IFSL).

Kemudian dalam perkembangannya, pada 2017, perusahaan Fintech Islam berbasis di London, Yielder telah menjadi perusahaan pertama yang mendapat persetujuan di Inggris.

 

Umat Islam Indonesia Jangan Cuma Jadi Target Pasar

Berdasarkan perkembangan ekonomi syariah di negara-negara Eropa, rupanya religion brand yang seharusnya memiliki pangsa pasar segmented, kini telah menjadi demand yang dibutuhkan oleh semua orang, bukan saja oleh umat Islam.

Jika masyarakat non muslim saja ingin mengadopsi ekonomi syariah, tentunya seharusnya kebutuhan ekonomi syariah di Indonesia harusnya lebih pesat, mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak didunia.

Tentunya harapan kita, sejalan dengan mulai berkembangnya demand ekonomi syariah, umat muslim di Indonesia jangan cuma jadi target pasar dari ekonomi syariah yang nantinya dilirik oleh pemain-pemain kuat bisnis non muslim. Jika itu terjadi maka pada akhirnya yang mendapat manfaat ekonomi terbesar adalah para pengusaha non muslim, yang tentunya keuntungan tersebut tidak akan kembali ke umat, melaui zakat sebagaimana kewajiban umat muslim. Dan sangat tidak mungkin keuntungan ekonomi itu juga disisihkan untuk kemajuan Islam.

Sebagaimana yang kita ketahui,  pada sektor perbankan, telah banyak Bank-bank konvensional terkenal yang menjalankan parktik riba tetapi juga menduplikasi dirinya menjadi Bank Syariah. Bukannya tidak mungkin dengan kekuatan modal yang besar para pengusaha non muslim pun akan menjalankan bisnis-bisnis label syariah atau islami, mengingat akan semakin besarnya permintaan akan kebutuhan tersebut.

Inilah tantangan yang harus dijawab pengusaha-pengusaha muslim Indonesia yang hidup di negara dengan penduduk muslim terbanyak didunia.

  

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 


NEWS

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Akankah ukhuwah Islamiah akan tetap terjaga setelah Kemenangan?

 

Umar Bin Khattab berkata, “Sesungguhnya setelah ada kesempurnaan itu hanyalah ada kekurangan.” Jika ukhuwah islamiyah ini merupakan tanda kemenangan, maka yang pantas dikuatirkan adalah saatnya kemunduran.

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), TurkiMasjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki. 

Bijaksana Dalam Share Di Media Sosial

 

Jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Tata Cara Pengurusan Sertifikat Halal MUI

 

Sertifikat Halal MUI adalah fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syari’at Islam. Sertifikat Halal MUI ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. 

EKONOMI SYARIAH

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

WIEF Mendorong UKM Berbasis Islam Menjadi Bisnis Masa Depan

 

Forum WIEF berhasil menciptakan komitmen investasi di sektor UMKM senilai US$ 900 juta atau sekitar Rp 11,88 triliun. 

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Kongres Ekonomi Umat 2017

 

Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta. 

BELAJAR

Bab: Bila dua kelompoik orang beriman berperang maka damaikanlah

KITAB: IMAN

Bab: Bila dua kelompoik orang beriman berperang maka damaikanlah

 

Bab: Keutamaan orang yang memelihara agamanya

KITAB: IMAN

Bab: Keutamaan orang yang memelihara agamanya

 

Sumber Ilmu Fiqih

Sumber fiqih adalah dalil-dalil yang dijadikan oleh syariat sebagai hujjah dalam pengambilan hukum. Dalil-dalil ini sebagian disepakati oleh ulama sebagai sumber hukum, seperti Al Qur’an, Sunnah dan Ijma’. Sebagian besar ulama juga menetapkan Qiyas sebagai sumber hukum ke empat setelah tiga sumber di atas

Bab: Pertanyaan tentang rukun-rukun Islam

2 KITAB: IMAN

Bab: Pertanyaan tentang rukun-rukun Islam

 

Bab: Menyebarkan salam bagian dari Islam

KITAB: IMAN

Bab: Menyebarkan salam bagian dari Islam

 

TAUSIYAH

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

 

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

Mintalah Pertolongan Allah

 

Pernahkah kita merasa berada di titik nadir, dimana kesulitan yang kita miliki seolah-olah sudah tidak ada lagi jalan keluarnya?

Usia 40 Tahun, Belum Ada Minat Terhadap Agama, Pertanda Buruk Sisa Umur

 

Kaum salaf, apabila diantara mereka ada yang sudah berumur 40 tahun, ia mulai melipat kasur, yakni tidak akan tidur lagi sepanjang malam, selalu melakukan shalat, bertasbih dan beristighfar. 

Balasan Surat Cinta Karena Allah (Berbeda Tetapi Tetap Sayang)

 

Sungguh Allah telah memuliakan kita dengan Islam dan Iman sebagaimana pernyataan sahabat mulia Umar bin Khottob Radiallahu Anhu

SEJARAH

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

REFERENSI

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Adi Hidayat

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Adi Hidayat Mei 2017 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Yusuf Mansur 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Yusuf Mansur 2017 

Muhammad Arifin Ilham

 

Muhammad Arifin Ilham lahir di Banjarmasin, 8 Juni 1969; umur 46 tahun) adalah seorang pendakwah atau da’i. Ia mendirikan majelis taklim bernama “Adz-Dzikra” pada tahun 2000. 

PPPA Daarul Qur'an - Tangerang

 

PPPA Daarul Qur'an, Mencetak generasi Qur ani yang smart, cerdas, peka, visioner dan berwawasan luas serta menjadikan DAQU METHOD sebagai pakaian sehari-hari. Mencetak pemimpin negeri (dalam segala bidang) yang hafal Qur an dan berkarakter Qur ani. 

Yusuf Mansyur

 

Yusuf Mansur adalah seorang tokoh pendakwah, penulis buku dan pengusaha dari Betawi, sekaligus pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang dan pengajian Wisata Hati.

DOA

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

Bismika Allahuma Ahya Wa Amuut.

Alhamdulillahi ladzi Ahyana Ba'da Maa Amaa Tanaa Wa ilaihin Nusyuur.

Doa Sebelum dan Sesudah Bepegian

 

BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAH

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

Doa Sebelum dan Sesudah Masuk Kamar Mandi (WC)

 

ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“