sajada musa laode

 

Musa, Penghafal AlQur'an Termuda Musabaqoh Hifzil Quran Internasional

Memiliki anak yang soleh merupakan dambaan dan kebanggaan setiap orang tua muslim. Musa La Ode Hanafi, tidak hanya membuat orang tuanya bangga, tetapi juga membuat warga muslim Indonesia sangat bangga.

Musa merupakan peserta termuda, yaitu berusia tujuh tahun dimana peserta lainnya berusia diatas sepuluh tahun dalam Musabaqoh Hifzil Quran Internasional kategori 30 juz untuk anak-anak di Sharm El-Sheikh, yang deselenggarakan oleh Departemen Endowment Mesir, April 2016 di Mesir.

Tidak hanya sebagai penghafal Al Qur'an termuda, Musa pun menjadi juara ke-3, setelah menjawab dengan sempurna pertanyaan-pertanyaan juri, sheikh Helmy Gamal, Wakil Ketua Mesir Quraa Union.

Bahkan walaupun menduduki rangking ke-3 tetapi Musa memenangkan simpati para juri dan penonton. Bagaimana tidak, Seorang Mentri dari Mesir, Prof. Dr. Mohammed Mochtar Gomma menyatakan keheranannya terhadap bocah tujuh tahun yang bukan berasal dari negara yang berbahasa Arab tetapi bisa menghafalkan Al Qur'an dan beliau pun menyampaikan pujian Presiden Mesir, Abdel Fattah Al Sisi kepada Musa.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Musa melalui akun sosial media facebook dan twitter pribadinya. "Kita bangga dg prestasi Musa La Ode Abu Hanafi, hafidz 7 tahun di Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Mesir".

Musa bahkan sudah membuat publik tercengang disaat usia lima tahun. Pada acara Hafiz Indonesia, Musa telah mengatakan hafal 29 juz yang membuat penonton tertawa, ternyata begitu dilakukan test, Musa dapat membuktikannya sehingga membuat penonton terkesima.

Keberhasilan Musa ini tak lepas dari rahmat Allah atas ikhtiar orang tua Musa, La Ode Abu Hanafi. Beliau memberikan beberapa tips untuk para orang tua yang anaknya ingin mengikuti keberhasilan Musa, yaitu :

1. Kunci paling penting adalah Murajaahnya alias mengulang-ulang hafalan.

2. Menjaga atau membatasi segala pengaruh buruk dari luar, seperti pergaulan yang salah dan siaran televisi yang tidak membawa manfaat.

3. Memberikan nutrisi yang baik sehingga memperkuat kecerdasan dalam menghafal, seperti kurma dan madu.

4. Menjadwalkan rutinitas islami yang mendukung proses menghafal serta disiplin (istiqomah), seperti :

  • Bangun setengah jam sebelum waktu Subuh
  • Jam 10 pagi hingga waktu Dhuhur, saatnya tidur siang
  • Waktu Dhuhur hingga waktu Ashar, menambah hafalan baru, - Setelah Ashar, menghafal Bulughul Maram (Kumpulan hadist pilihan yang terkait dengan hukum Islam, rujukan utama fikih dari Mazhab Syafi'i)
  • Jam 5 sore hingga waktu Maghrib, waktu bermain
  • Waktu Maghrib hingga waktu Isya, mengikuti majelis taqlim bersama Ayahnya sambil memberikan kesempatan bagi jamaah untuk mengetes hafalan Musa.

5. Musa tidak masuk sekolah umum karena langsung dipegang oleh ayahnya (Home Schooling)

Begitulah cara orang tua Musa, La Ode Abu Hanafi mencetak penghafal AlQur'an muda yang telah menginspirasi kita, para orang tua untuk memiliki anak yang dapat menghafal Al Qur'an.

Ternyata peran langsung orang tua dalam membimbing anak merupakan kunci sukses, semoga kita semua, para orang tua dapat menuntun anak-anak kita dalam sukses dunia dan akhirat.

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 


 

BERITA

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Akhir Dakwah Petinju Legendaris, Muhammad Ali

 

Usai bersyahadat, Petinju legendaris yang dijuluki The Greatest (terbesar), Muhammad Ali berkata, ”Aku meyakini bahwa aku sedang berada di depan sebuah kebenaran yang tak mungkin berasal dari manusia.”

Awas Iklan & Web Bertopeng Islam Mencatut Nama Nabi Isa - Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus

 

Saat berkunjung ke media online islami, pengunjung sering menemukan iklan yang memunculkan wajah Yesus atau Isa Almasih, yang tentunya wajah khayalan versi umat Kristen. Yang menarik didalam iklan tersebut, iklan tersebut, terdapat tulisan-tulisan yaitu penggalan terjemahan dari Alquran surat Alfatihah ayat 6, yaitu : "Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus", "Nama Isa Almasih" hingga "Akulah Jalan Yang Lurus".

 

Tantangan Ekonomi Syariah

 

Indonesia adalah negeri dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Potensi ini seharusnya tidak menjadikan Indonesia, hanya kembali menjadi sasaran target pasar. 

Kenali Kelompok & Aliran Dalam Islam di Indonesia

 

"Sesungguhnya ummatku akan terpecah menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan, yang semuanya berada di Neraka, kecuali satu golongan".

TAUSIAH

Abdul Somad, Lc. MA

 

Ustadz Abdul Somad, Lc. MA banyak dikenal di kalangan netizen. Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata membuat ceramah Ustadz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat. 

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

Jadwal Khatib Sholat Ied Bachtiar Nasir

 

Jadwal Sholat Ied Bachtiar Nasir Minggu 25 Juni 2017 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Syafiq Riza Basalamah

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz  Syafiq Riza Basalamah

Sabtu 20 Mei 2017

Kajian Dhuha 09.00 | Akankah Lebih Baik?
Masjid Raya Al Musyawarah, Jl Boulevard Kelapa Gading 
Jakarta Utara 

Islamic Book Fair 2017 3-7 Mei 2017

 

Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun 2017 merupakan Pameran buku Islam terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, 3-7 Mei 2017. 

BELAJAR ISLAM

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

Mahzab Ulama Fiqih

Mazhab menurut ulama fiqih, adalah sebuah metodologi fiqih khusus yang dijalani oleh seorang ahli fiqih mujtahid, yang berbeda dengan ahli fiqih lain, yang menghantarkannya memilih sejumlah hukum dalam kawasan ilmu furu'. Ini adalah pengertian mazhab secara umum.

Huruf Hijaiyah

 

Agar bisa membaca Al-Qur’an, kita perlu mengenali huruf-huruf hijaiyah, yang juga merupakan huruf dalam bahasa Arab. 

Mengenal Jenis dan Sejarah Hadist

 

Pada masa awal Rasulullah melarang penulisan hadits agar tidak tercampur dengan periwayatan Al Qur'an. Setelah beberapa waktu, Rasulullah memperbolehkan penulisan hadits dari beberapa orang sahabat.

Syarat Awal Memeluk Agama Islam

Dengan menyatakan Dua Kalimat Syahadat, insya Allah orang tersebut sudah termasuk sebagai seorang muslim (untuk laki-laki) atau muslimah (untuk wanita). Kesaksian ini sebaiknya disaksikan dan dibimbing oleh beberapa orang muslim yang memiliki pengetahuan agama islam yang baik agar orang tersebut mendapat tuntunan.