sajada mualaf

 

Mendapatkan Sertifikat Mualaf di Masjid

 

Persyaratan awal bagi non muslim untuk menjadi pemeluk Agama Islam sangatlah mudah, cukup dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Kemudian setelah menjadi seorang Muslim, tentunya kita harus menjalankan Rukun Islam dan memasuki Islam secara Kaffah (menyeluruh).

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

Surat Al-Baqarah :208

 

Tentunya banyak hal yang harus dipelajari, sehingga bagi calon mualaf yang ingin mengucapkan dua kalimat syahadat, sebaiknya dilakukan di Masjid dan disaksikan oleh pihak Masjid yang berkompeten, sehingga mualaf akan mendapatkan bimbingan yang benar.

 

Perlukan Sertifikat Mualaf?

Beberapa Masjid di Indonesia telah mengeluarkan sertifikat resmi sebagai bukti bahwa non-muslim yang bersangkutan telah menjadi pemeluk agama Islam, yaitu Sertifikat Mualaf. 

Sertifikat Mualaf ini menjadi penting terutama untuk mereka yang nantinya berniat menikah secara resmi melalui KUA (Kantor Urusan Agama), karena KUA memberlakukan persyaratan tentang adanya Sertifikat Mualaf ini untuk pasangan bakal menikah yang sebelumnya berbeda agama, agar KUA juga dapat menerbitkan buku nikah.

 

Bimbingan Untuk Mualaf Sangat Penting.

Menjadi Mualaf (masuk Islam) sebaiknya tidak dilandasi oleh sekedar sebuah niat untuk dapat menikahi pria atau wanita muslim . Seharusnya menjadi mualaf adalah dilandasi karena keyakinan.Untuk itu sangat diharapkan pihak pengurus masjid yang didatangi oleh para calon atau mualaf juga dapat memberikan bimbingan untuk meluruskan niat yang bersangkutan, memberikan pengetahuan dasar serta pelatihan ibadah-ibadah wajib. 

Terutama untuk pihak-pihak pengurus masjid di Indonesia yang memperoleh kewenangan untuk menerbitkan sertifikat ini (karena memang tidak semua masjid menerbitkan sertifikat ini), agar sertifikat tersebut tidak seolah-olah menjadi selembar kertas yang cuma melegalkan pernikahan beda agama. 

Dengan adanya bimbingan untuk diharapkan para mualaf bisa mempelajari banyak hal yang nantinya sangat dibutuhkan untuk menjalankan ibadah.

 

Berikut adalah beberapa Masjid yang memberikan Sertifikat Mualaf beserta syarat yang diajukan :


Masjid Istiqlal

  • Sudah khitan.
  • Pasfoto 3×4 (3 lembar).
  • Fotokopi paspor (asli dibawa).
  • Materai 6000 (2 lembar).
  • Surat pengantar dari kedutaan.
  • Membawa dua orang saksi Muslim saat ikrar syahadat (boleh pria atau wanita).
  • Prosesi pengislaman dilakukan hari Senin – Sabtu jam 09.00 – 14.30. Hari Minggu dan tanggal merah libur.
  • Sertifikat dikeluarkan pada hari yang sama saat ikrar syahadat.
  • Informasi lengkap hubungi (021) 3868347.

 

Masjid Sunda Kelapa

  • Mualaf wajib mengikuti kelas pembinaan.
  • Sudah khitan.
  • Mengisi surat pernyataan masuk Islam tanpa paksaan yang bermaterai (Form dari masjid).
  • Fotokopi paspor (asli dibawa).
  • Pasfoto ukuran 3×4 (2 lembar) dan 4×6 (2 lembar). Bagi laki-laki pasfoto harus mengenakan batik, calon mualaf dan saksi-saksi harus berpakaian sopan (menutup aurat).
  • Jika agama sebelumnya Kristen atau Katolik, harus menyerahkan surat baptis asli.
  • Semua persyaratan di atas wajib diserahkan ke masjid paling lambat sehari sebelum prosesi pengislaman.
  • Membawa dua orang saksi Muslim saat ikrar syahadat (salah satu saksi harus laki-laki). 
  • Prosesi pengislaman hanya dilakukan Senin – Jumat pada jam kerja.
  • Di hari lainnya wajib mengikuti kelas pembinaan Mualaf sebanyak 4x pertemuan. Namun boleh mengikuti kelas 1x saja pada hari Sabtu dari jam 9 pagi hingga 5 sore.
  • Informasi lengkap hubungi (021) 31934261, 3101287, atau handphone 081646967653.


Masjid Agung Al-Azhar

  • Calon mertua atau wali harus hadir.
  • Sudah khitan.
  • Membuat surat pernyataan masuk Islam bermaterai.
  • Pasfoto ukuran 3×4 (2 lembar) dan 4×6 (2 lembar).
  • Fotokopi paspor (asli dibawa).
  • Surat keterangan dari kedutaan.
  • Membawa dua orang saksi Muslim saat ikrar syahadat (keduanya laki-laki).
  • Fotokopi KTP saksi-saksi (1 lembar).
  • Prosesi pengislaman dilakukan hari Senin – Sabtu pada jam kerja.
  • Sertifikat dikeluarkan pada hari yang sama saat ikrar syahadat.
  • Informasi lengkap hubungi (021) 72783683.

 

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


BERITA

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Mencari E-Commerce Bernuansa Islami

Umat Islam merupakan penduduk mayoritas di negeri ini, sehingga apa pun produk atau jasanya, baik Hotel, fashion, kuliner, Transportasi, Media, Pendidikan, Kesehatan dan sebagainya maka konsumen terbesarnya adalah umat muslim.

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

Perang Pemikiran (Ghowzhul Fikri)

 

Islam memimpin dunia saat umatnya berpegang teguh pada ajaran agamanya dan menjadi bulan-bulanan di saat jauh dari ajaran agamanya. Sementara justru bangsa-bangsa Eropa merebut kepimipinan dunia saat mereka menjadi sekuler (Zaman Renaissance) dan hidup dalam kegelapan saat menggunakan ajaran-ajaran agamanya untuk urusan dunia.

Merangkul Generasi Online Mengenal Agamanya


Jika pada saat era televisi saja, serbuan pengaruh pemikiran yang jauh dari agama sudah sedemikian menjauhkan umat dari agamanya, apalagi generasi muda era media online yang lebih sulit lagi mengkontrolnya.

TAUSIAH

Jadwal Khatib Sholat Ied Ustadz Subhan Bawazier 25 Juni 2017

Jadwal Khatib Sholat Ied Ustadz Subhan Bawazier 25 Juni 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Yusuf Mansur 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Yusuf Mansur 2017

Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat menyelesaikan pendidikan pasca sarjana nya  di Islamic Call College Tripoli, Libya dan pendidikan magister nya di Agama Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Gunung Djati Bandung.

Adab di Hari Raya

Hari raya bagi seorang muslim bukan sekedar berbahagia dan bersenang-senang tetapi justru merupakan momen untuk semakin menguatkan hubungan dengan Allah Subhana WaTa’ala

Diskusi Kedai Kopi 2 (Agama?)

"Selanjutnya kami akan mencari panduan, karena menurut akal kami, kami adalah produk luar biasa yang tidak diciptakan kecuali untuk tujuan yang Dia mau, setelah kami menemukan panduan yang menurut akal benar-benar merupakan panduan otentik dari pencipta kami, maka kami melaksanakan panduan tersebut."

BELAJAR ISLAM

Syarat Sah Sholat

Untuk melaksanakan Sholat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sholat yang kita lakukan menjadi sah atau  diterima oleh Allah SWT.

Rukun Sholat

Rukun Shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tidak sah.

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Nabi Ayyub AS

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.