sajada aliran

 

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya.

Sungguh disayangkan, disaat ghirah persatuan dan ukhuwah Islamiah sedang semakin merapat, saat masjid sudah mulai semakin ramai, saat masjid mulai menjadi aktivitas berbagai kegiatan termasuk politik sebagaimana zaman Rasulullah sallallahu alaihi wasallam. Saat umat islam indonesia yang padahal mayoritas tapi baru belakangan ini mulai tertarik belajar lebih dalam akan agamanya sendiri. Saat ulama-ulama sudah semakin didengarkan umatnya, tiba-tiba terjadilah kejadian teror bom, kejadian yang pada akhirnya akan membuat musuh-musuh islam mendapat "alasan bagus" untuk memadamkan cahaya yang barus saja mulai bersinar.

Untuk kejadian teror bom, pastinya kita semua sepakat untuk mengutuknya. Hanya saja sudah seharusnya sasaran kutukan itu harus menuju kepada pelaku utama atau pemesan tragedi tersebut. Pemesan tragedi tersebut lah yang benar-benar sangat sadis, mereka memanfaatkan "orang-orang yang salah pemahamannya" untuk membunuh "orang-orang tak bersalah" untuk "kepentingan mereka".

Kejadian teror bom ini, walau di alamatkan kepada gereja dan institusi kepolisian tetapi juga sangat merugikan umat muslim yang sedang mulai bersinar tadi.

Tafsir terbalik tentang kata, toleransi, kebhinekaan serta larangan politik di masjid yang selama ini digadang-gadangkan tetapi hanya terjual dipasar golongannya sendiri, akan bisa diangkat sekaligus mengkambing hitamkan cahaya Islam yang mulai bersinar tadi. 

Semoga Allah menghukum pemesan tragedi teror bom ini.

 

Berikut potongan kata (yang telah diringkaskan) dari para alim ulama tentang kejadian tragedi bom tersebut

 

Ustadz Bachtiar Nasir

Innalillahiwainnailaihirojiun
Siapapun pelaku pemboman dibalik ini semua, yang terjadi di gereja Surabaya, anda tidak akan pernah bisa sembunyi, anda tidak akan pernah bisa lari, Allah SWT melihat anda lebih terang dari matahari, dan anda tidak akan pernah bisa mencoreng-moreng wajah islam kami yang damai, yang menginginkan kedamaian, persaudaraan, dan persatuan.

Dan kepada saudara-saudaraku muslimin dan muslimat, hati-hati dengan akun-akun yang menyodorkan kepada anda teori-teori yang sebetulnya asumsi, yang juga anda tidak mengerti,akhirnya membenarkan kejahatan ini, yang akhirnya menimbulkan ujaran kebencian diantara kita. Hati-hati.

Dan kepada saudaraku yang non muslim, terutama yang tertimpa musibah, kita bersaudara,kita selamanya akan terus bersaudara, kita akan terus menjaga perdamaian dan persatuan untuk Indonesia kita ini.

Percayalah Indonesia akan maju kedepan selama kita terus menjaga persaudaraan kita.

 

Ustadz Zulkifli Ali

Hari ini kami mendengar berita yang sangat membuat hancur isi hati kami, yaitu terjadinya peledekakkan terhadap beberapa gereja di Surabaya barusan.

Maka perlu saya ingatkan kepada semua umat islam di seluruh Indonesia dan juga saya beritahukan kepada sahabat-sahabat, saudara-saudara dan teman-teman kami dari agama kristen dan sebagainya.

Bahwa didalam Islam membunuh satu nyawa yang tidak dibenarkan menurut Allah, rasulnya dan ajaran agama ini, maka sama dengan membunuh selruh manusia dimuka bumi ini dosanya.

Para panglima-panglima perang dikirim oleh Rasulullah SAW, dikirim oleh para khulafah Rasyidin, pesan yang terbesar adalah jangan sampai ada gereja yang dihancurkan, jangan ada pohon-pohon yang dirusak dan dibinasakan, jangan ada pendeta-pendeta yang ditumpahkan darahnya, bahkan wajib dilindungi. Anak-anak, wanita-wanita, orang-orang lemah dan sebagainya....

Maka peledakan yang terjadi dipastikan bukan dari umat Islam, kalau ada dari umat Islam, maka Islam berlepas diri daripadanya. Maka kami menyatakan mengutuk dengan keras apapun tindak kekerasan yang menyebabkan hancurnya rumah-rumah ibadah, tumpahnya darah dari umat manusia.

Kepada para pelaku, semoga Allah menghancurkan hidupmu seperti engkau menghancurkan rumah-rumah ibadah dan menumpahkan darah, semoga Allah menumpahkan masa depanmu ke dalam neraka jahanam.

Dan kepada umat kristen, sesuangguhnya kami dan seluruh umat islam, ikut berduka dan merasa luka terhadap apa yang terjadi dan Islam tidak mengajarkan yang demikian, Islam mengharamkan terorisme dalam bentuk apapun.


Ustadz Arifin Ilham

kami sangat prihatin, sangat sedih terjadi lagi teror di negeri yang sangat kita cintai.

Ketahuilah, kaum muslim adalah kaum yang damai dan mendamaikan. Syriat Jihad itu ada dua. Jihad Perang di wilayah perang, Jihad Dakwah di wilayah damai.
Indonesia adalah wilayah damai bukan wilayah perang, tunjukan kemulian akhlak dengan dakwah, jangan mengundang fitnah, kita bukan teroris, selamatkan siapa pun yang ada di negeri ini, tunjukkan kita menghormati perbedayaan keyakinan.

Rasulullah SAW mengingatkan, jangan berkhianat, jangan berlaku kasar kepada saudara mukmin, jangan sadis kepada musuh, jangan membunuh anak-anak, wanita dan orang-orang tua.

Agama ini agama yang mulia, tunjukkan kemuliaan akhlak. Semoga semua korban Allah ampuni

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

NEWS

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), TurkiMasjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki. 

Masjid Indonesia Pertama di London-UK

 

Kisah perjuangan pembangunan Masjid Indonesia pertama di London menemui babak baru. Upaya yang telah dirintis sejak 20 tahun tersebut, kini terancam gagal.

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya. 

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Jika Dakwah Adalah Kegiatan Marketing

 

Seringkali kita merasa sedang mengajak (berdakwah) padahal kita malah semakin menjauhkan target audiens tersebut kepada Islam. Logika sederhananya adalah, apakah kita akan membeli produk yang dijual oleh sales yang membenci kita? 

EKONOMI SYARIAH

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

 

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya. 

BELAJAR

Bab: Penjelasan tentang sebesar-besar dosa besar

1 KITAB: MUKADIMAH

Bab: Penjelasan tentang sebesar-besar dosa besar

 

Bab: Penjelasan tentang sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam "Mencela seorang Muslim adalah kefasikkan

1 KITAB: MUKADIMAH

Bab: Penjelasan tentang sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam "Mencela seorang Muslim adalah kefasikkan

 

Bab: Penjelasan tentang status keimanan seseorang yang mengucapkan kepada saudaranya sesama muslim "Wahai kafir"

1 KITAB: MUKADIMAH

Bab: Penjelasan tentang status keimanan seseorang yang mengucapkan kepada saudaranya sesama muslim "Wahai kafir"

 

Bab: Tanda-tanda keimanan adalah mencintai sahabat anshar

KITAB: IMAN

Bab: Tanda-tanda keimanan adalah mencintai sahabat anshar

 

Bab: Haramnya takabur dan penjelasannya

1 KITAB: MUKADIMAH

Bab: Haramnya takabur dan penjelasannya

 

TAUSIYAH

Sarung

 

Catatan kali ini bercerita tentang sebuah benda yang sangat terkenal. Biasa dipakai oleh kaum laki-laki dewasa untuk menghalau angin malam saat ronda, sebagai pelindung dari gigitan nyamuk saat tidur.

Berbeda Tetapi Tetap Sayang

 

Sungguh walau kami berdua berbeda faham, tetapi beliau mau hadir untuk memberi tausiyah walau tidak ikut zikir bersama. Beliau tidak berqunut, tetapi saat sholat subuh di mesjid Az Zikra disamping abang, beliau ikut berqunut.

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

Bersabar Saat Dalam Kesempitan Rezeki

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Demi Allah, bukanlah kefakiran yang aku takutkan akan menimpamu, namun yang aku takuti ketika dunia dihamparkan kepadamu.”

(HR. Bukhari Muslim)

Balasan Surat Cinta Karena Allah (Berbeda Tetapi Tetap Sayang)

 

Sungguh Allah telah memuliakan kita dengan Islam dan Iman sebagaimana pernyataan sahabat mulia Umar bin Khottob Radiallahu Anhu

SEJARAH

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

REFERENSI

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Muhammad Zulkifli Ali, LC

 

Jadwal Majelis Taklim Ustadz, Ceramah, Tausiyah  Muhammad Zulkifli Ali, LC 6 - 21 Mei 2017 

Khalid Basalamah

 

Ustadz Khalid Basalamah menjalani pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah lalu melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan melanjutkan lagi pendidikan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia.

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Syekh Ali Jaber 11 Juni 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Syekh Ali Jaber 2017 

Muhammad Arifin Ilham

 

Muhammad Arifin Ilham lahir di Banjarmasin, 8 Juni 1969; umur 46 tahun) adalah seorang pendakwah atau da’i. Ia mendirikan majelis taklim bernama “Adz-Dzikra” pada tahun 2000. 

Syafiq Basalamah

 

Merupakan alumni Pesantren Islam Al Irsyad Bondowoso. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Madinah, dengan predikat “Summa Cumlaude”. 

DOA

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

Bismika Allahuma Ahya Wa Amuut.

Alhamdulillahi ladzi Ahyana Ba'da Maa Amaa Tanaa Wa ilaihin Nusyuur.

Doa Sebelum (Niat) dan Sesudah Wudhu

 

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaaffi ta’aalaa

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“  

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

 

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

Doa Sebelum dan Sesudah Bepegian

 

BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAH

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah