sajada aliran

 

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya.

Sungguh disayangkan, disaat ghirah persatuan dan ukhuwah Islamiah sedang semakin merapat, saat masjid sudah mulai semakin ramai, saat masjid mulai menjadi aktivitas berbagai kegiatan termasuk politik sebagaimana zaman Rasulullah sallallahu alaihi wasallam. Saat umat islam indonesia yang padahal mayoritas tapi baru belakangan ini mulai tertarik belajar lebih dalam akan agamanya sendiri. Saat ulama-ulama sudah semakin didengarkan umatnya, tiba-tiba terjadilah kejadian teror bom, kejadian yang pada akhirnya akan membuat musuh-musuh islam mendapat "alasan bagus" untuk memadamkan cahaya yang barus saja mulai bersinar.

Untuk kejadian teror bom, pastinya kita semua sepakat untuk mengutuknya. Hanya saja sudah seharusnya sasaran kutukan itu harus menuju kepada pelaku utama atau pemesan tragedi tersebut. Pemesan tragedi tersebut lah yang benar-benar sangat sadis, mereka memanfaatkan "orang-orang yang salah pemahamannya" untuk membunuh "orang-orang tak bersalah" untuk "kepentingan mereka".

Kejadian teror bom ini, walau di alamatkan kepada gereja dan institusi kepolisian tetapi juga sangat merugikan umat muslim yang sedang mulai bersinar tadi.

Tafsir terbalik tentang kata, toleransi, kebhinekaan serta larangan politik di masjid yang selama ini digadang-gadangkan tetapi hanya terjual dipasar golongannya sendiri, akan bisa diangkat sekaligus mengkambing hitamkan cahaya Islam yang mulai bersinar tadi. 

Semoga Allah menghukum pemesan tragedi teror bom ini.

 

Berikut potongan kata (yang telah diringkaskan) dari para alim ulama tentang kejadian tragedi bom tersebut

 

Ustadz Bachtiar Nasir

Innalillahiwainnailaihirojiun
Siapapun pelaku pemboman dibalik ini semua, yang terjadi di gereja Surabaya, anda tidak akan pernah bisa sembunyi, anda tidak akan pernah bisa lari, Allah SWT melihat anda lebih terang dari matahari, dan anda tidak akan pernah bisa mencoreng-moreng wajah islam kami yang damai, yang menginginkan kedamaian, persaudaraan, dan persatuan.

Dan kepada saudara-saudaraku muslimin dan muslimat, hati-hati dengan akun-akun yang menyodorkan kepada anda teori-teori yang sebetulnya asumsi, yang juga anda tidak mengerti,akhirnya membenarkan kejahatan ini, yang akhirnya menimbulkan ujaran kebencian diantara kita. Hati-hati.

Dan kepada saudaraku yang non muslim, terutama yang tertimpa musibah, kita bersaudara,kita selamanya akan terus bersaudara, kita akan terus menjaga perdamaian dan persatuan untuk Indonesia kita ini.

Percayalah Indonesia akan maju kedepan selama kita terus menjaga persaudaraan kita.

 

Ustadz Zulkifli Ali

Hari ini kami mendengar berita yang sangat membuat hancur isi hati kami, yaitu terjadinya peledekakkan terhadap beberapa gereja di Surabaya barusan.

Maka perlu saya ingatkan kepada semua umat islam di seluruh Indonesia dan juga saya beritahukan kepada sahabat-sahabat, saudara-saudara dan teman-teman kami dari agama kristen dan sebagainya.

Bahwa didalam Islam membunuh satu nyawa yang tidak dibenarkan menurut Allah, rasulnya dan ajaran agama ini, maka sama dengan membunuh selruh manusia dimuka bumi ini dosanya.

Para panglima-panglima perang dikirim oleh Rasulullah SAW, dikirim oleh para khulafah Rasyidin, pesan yang terbesar adalah jangan sampai ada gereja yang dihancurkan, jangan ada pohon-pohon yang dirusak dan dibinasakan, jangan ada pendeta-pendeta yang ditumpahkan darahnya, bahkan wajib dilindungi. Anak-anak, wanita-wanita, orang-orang lemah dan sebagainya....

Maka peledakan yang terjadi dipastikan bukan dari umat Islam, kalau ada dari umat Islam, maka Islam berlepas diri daripadanya. Maka kami menyatakan mengutuk dengan keras apapun tindak kekerasan yang menyebabkan hancurnya rumah-rumah ibadah, tumpahnya darah dari umat manusia.

Kepada para pelaku, semoga Allah menghancurkan hidupmu seperti engkau menghancurkan rumah-rumah ibadah dan menumpahkan darah, semoga Allah menumpahkan masa depanmu ke dalam neraka jahanam.

Dan kepada umat kristen, sesuangguhnya kami dan seluruh umat islam, ikut berduka dan merasa luka terhadap apa yang terjadi dan Islam tidak mengajarkan yang demikian, Islam mengharamkan terorisme dalam bentuk apapun.


Ustadz Arifin Ilham

kami sangat prihatin, sangat sedih terjadi lagi teror di negeri yang sangat kita cintai.

Ketahuilah, kaum muslim adalah kaum yang damai dan mendamaikan. Syriat Jihad itu ada dua. Jihad Perang di wilayah perang, Jihad Dakwah di wilayah damai.
Indonesia adalah wilayah damai bukan wilayah perang, tunjukan kemulian akhlak dengan dakwah, jangan mengundang fitnah, kita bukan teroris, selamatkan siapa pun yang ada di negeri ini, tunjukkan kita menghormati perbedayaan keyakinan.

Rasulullah SAW mengingatkan, jangan berkhianat, jangan berlaku kasar kepada saudara mukmin, jangan sadis kepada musuh, jangan membunuh anak-anak, wanita dan orang-orang tua.

Agama ini agama yang mulia, tunjukkan kemuliaan akhlak. Semoga semua korban Allah ampuni

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

NEWS

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya. 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), TurkiMasjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki. 

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Masjid Indonesia Pertama di London-UK

 

Kisah perjuangan pembangunan Masjid Indonesia pertama di London menemui babak baru. Upaya yang telah dirintis sejak 20 tahun tersebut, kini terancam gagal.

EKONOMI SYARIAH

Kongres Ekonomi Umat 2017

 

Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta. 

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

 

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya. 

WIEF Mendorong UKM Berbasis Islam Menjadi Bisnis Masa Depan

 

Forum WIEF berhasil menciptakan komitmen investasi di sektor UMKM senilai US$ 900 juta atau sekitar Rp 11,88 triliun. 

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

BELAJAR

Bab: Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam selalu memberi waktu yang tepat ketika memberi nasehat

KITAB: ILMU

Bab: Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam selalu memberi waktu yang tepat ketika memberi nasehat

 

Bab: Sesungguhnya amal itu bergantung dengan niat dan pengharapan, dan setiap mukmin akan mendapatkan sesuai dengan niatnya

KITAB: IMAN

Bab: Sesungguhnya amal itu bergantung dengan niat dan pengharapan, dan setiap mukmin akan mendapatkan sesuai dengan niatnya

 

Bab: Bolehnya orang junub untuk tidur, disunahkannya wudlu untuk tidur dan membasuh kemaluan

3 KITAB: THAHARAH

Bab: Bab: Bolehnya orang junub untuk tidur, disunahkannya wudlu untuk tidur dan membasuh kemaluan

 

Bab: Sunahnya mengangkat kedua tangan sebatas kedua pundak saat takbiratul ikram

5 KITAB: KITAB

Bab: Sunahnya mengangkat kedua tangan sebatas kedua pundak saat takbiratul ikram

 

Bab: Shalat tidak diterima tanpa wudlu'

KITAB: WUDLU

Bab: Shalat tidak diterima tanpa wudlu'

 

TAUSIYAH

Sarung

 

Catatan kali ini bercerita tentang sebuah benda yang sangat terkenal. Biasa dipakai oleh kaum laki-laki dewasa untuk menghalau angin malam saat ronda, sebagai pelindung dari gigitan nyamuk saat tidur.

Balasan Surat Cinta Karena Allah (Berbeda Tetapi Tetap Sayang)

 

Sungguh Allah telah memuliakan kita dengan Islam dan Iman sebagaimana pernyataan sahabat mulia Umar bin Khottob Radiallahu Anhu

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

Mintalah Pertolongan Allah

 

Pernahkah kita merasa berada di titik nadir, dimana kesulitan yang kita miliki seolah-olah sudah tidak ada lagi jalan keluarnya?

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

 

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

SEJARAH

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

REFERENSI

Yahya Zainul Ma'arif | Buya Yahya

 

Yahya Zainul Ma'arif yang lebih akrab disapa Buya Yahya, ladalah pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon. 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz  Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Habib Muhammad Rizieq Syihab

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Habib Muhammad Rizieq Syihab Rabu 17 Mei 2017 

Hijab Fashion Parade

 

Hijab Fashion Parade
Kamis, 15 Juni 2017
Hotel Sari Pan Pasific, Istana Ballroom. Jakarta 

Jadwal Khatib Sholat Ied Bachtiar Nasir

 

Jadwal Sholat Ied Bachtiar Nasir Minggu 25 Juni 2017 

DOA

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

 

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

Doa Sebelum (Niat) dan Sesudah Wudhu

 

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaaffi ta’aalaa

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata

Doa Sebelum dan Sesudah Masuk Kamar Mandi (WC)

 

ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan

Doa Sebelum dan Sesudah Bepegian

 

BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAH

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah