sajada musa laode

 

Musa, Penghafal AlQur'an Termuda Musabaqoh Hifzil Quran Internasional

Memiliki anak yang soleh merupakan dambaan dan kebanggaan setiap orang tua muslim. Musa La Ode Hanafi, tidak hanya membuat orang tuanya bangga, tetapi juga membuat warga muslim Indonesia sangat bangga.

Musa merupakan peserta termuda, yaitu berusia tujuh tahun dimana peserta lainnya berusia diatas sepuluh tahun dalam Musabaqoh Hifzil Quran Internasional kategori 30 juz untuk anak-anak di Sharm El-Sheikh, yang deselenggarakan oleh Departemen Endowment Mesir, April 2016 di Mesir.

Tidak hanya sebagai penghafal Al Qur'an termuda, Musa pun menjadi juara ke-3, setelah menjawab dengan sempurna pertanyaan-pertanyaan juri, sheikh Helmy Gamal, Wakil Ketua Mesir Quraa Union.

Bahkan walaupun menduduki rangking ke-3 tetapi Musa memenangkan simpati para juri dan penonton. Bagaimana tidak, Seorang Mentri dari Mesir, Prof. Dr. Mohammed Mochtar Gomma menyatakan keheranannya terhadap bocah tujuh tahun yang bukan berasal dari negara yang berbahasa Arab tetapi bisa menghafalkan Al Qur'an dan beliau pun menyampaikan pujian Presiden Mesir, Abdel Fattah Al Sisi kepada Musa.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Musa melalui akun sosial media facebook dan twitter pribadinya. "Kita bangga dg prestasi Musa La Ode Abu Hanafi, hafidz 7 tahun di Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Mesir".

Musa bahkan sudah membuat publik tercengang disaat usia lima tahun. Pada acara Hafiz Indonesia, Musa telah mengatakan hafal 29 juz yang membuat penonton tertawa, ternyata begitu dilakukan test, Musa dapat membuktikannya sehingga membuat penonton terkesima.

Keberhasilan Musa ini tak lepas dari rahmat Allah atas ikhtiar orang tua Musa, La Ode Abu Hanafi. Beliau memberikan beberapa tips untuk para orang tua yang anaknya ingin mengikuti keberhasilan Musa, yaitu :

1. Kunci paling penting adalah Murajaahnya alias mengulang-ulang hafalan.

2. Menjaga atau membatasi segala pengaruh buruk dari luar, seperti pergaulan yang salah dan siaran televisi yang tidak membawa manfaat.

3. Memberikan nutrisi yang baik sehingga memperkuat kecerdasan dalam menghafal, seperti kurma dan madu.

4. Menjadwalkan rutinitas islami yang mendukung proses menghafal serta disiplin (istiqomah), seperti :

  • Bangun setengah jam sebelum waktu Subuh
  • Jam 10 pagi hingga waktu Dhuhur, saatnya tidur siang
  • Waktu Dhuhur hingga waktu Ashar, menambah hafalan baru, - Setelah Ashar, menghafal Bulughul Maram (Kumpulan hadist pilihan yang terkait dengan hukum Islam, rujukan utama fikih dari Mazhab Syafi'i)
  • Jam 5 sore hingga waktu Maghrib, waktu bermain
  • Waktu Maghrib hingga waktu Isya, mengikuti majelis taqlim bersama Ayahnya sambil memberikan kesempatan bagi jamaah untuk mengetes hafalan Musa.

5. Musa tidak masuk sekolah umum karena langsung dipegang oleh ayahnya (Home Schooling)

Begitulah cara orang tua Musa, La Ode Abu Hanafi mencetak penghafal AlQur'an muda yang telah menginspirasi kita, para orang tua untuk memiliki anak yang dapat menghafal Al Qur'an.

Ternyata peran langsung orang tua dalam membimbing anak merupakan kunci sukses, semoga kita semua, para orang tua dapat menuntun anak-anak kita dalam sukses dunia dan akhirat.

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 

 

BERITA

Menyelami Berisiknya "Aksi 212"

 

Apakah benar ketenangan dan kedamaian kita dalam berbangsa sedang diganggu oleh sekelompok orang yang "berisik" yang sedang memaksakan keinginan politiknya?

Saatnya Untuk Kemandirian Ekonomi Umat Islam di Indonesia

 

Walaupun Indonesia disebut sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia tetapi justru tak berdaya dan diperdaya untuk mengkonsumsi produk-produk dan jasa yang tidak jelas status kehalalannya. 

Akhir Dakwah Petinju Legendaris, Muhammad Ali

 

Usai bersyahadat, Petinju legendaris yang dijuluki The Greatest (terbesar), Muhammad Ali berkata, ”Aku meyakini bahwa aku sedang berada di depan sebuah kebenaran yang tak mungkin berasal dari manusia.”

Musa, Penghafal AlQur'an Termuda Musabaqoh Hifzil Quran Internasional

 

Musa merupakan peserta termuda, yaitu berusia tujuh tahun dimana peserta lainnya berusia diatas sepuluh tahun dalam Musabaqoh Hifzil Quran Internasional kategori 30 juz untuk anak-anak di Sharm El-Sheikh, Mesir.

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

TAUSIAH

Hijab Fashion Parade

 

Hijab Fashion Parade
Kamis, 15 Juni 2017
Hotel Sari Pan Pasific, Istana Ballroom. Jakarta 

Adab di Hari Raya

 

Hari raya bagi seorang muslim bukan sekedar berbahagia dan bersenang-senang tetapi justru merupakan momen untuk semakin menguatkan hubungan dengan Allah Subhana WaTa’ala

Usia 40 Tahun, Belum Ada Minat Terhadap Agama, Pertanda Buruk Sisa Umur

 

Kaum salaf, apabila diantara mereka ada yang sudah berumur 40 tahun, ia mulai melipat kasur, yakni tidak akan tidur lagi sepanjang malam, selalu melakukan shalat, bertasbih dan beristighfar. 

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“  

Bersabar Saat Dalam Kesempitan Rezeki

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Demi Allah, bukanlah kefakiran yang aku takutkan akan menimpamu, namun yang aku takuti ketika dunia dihamparkan kepadamu.”

(HR. Bukhari Muslim)

BELAJAR ISLAM

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Cara, Urutan, Bacaan Dan Gerakan Sholat

 

Berikut Urutan, Bacaan dan Gerakan Sholat dengan panduan urutan Berdasarkan urutan 13 Rukun Sholat dan Hal-Hal Sunah yang menyertainya 

Tanda Baca (Harakat)

 

Harakat (Arab: حركات, dibaca harakaat) digunakan untuk mempermudah cara melapazkan huruf dalam tiap ayat Al Quran.  

Rukun Sholat

 

Rukun Shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tidak sah. 

Mengenal Jenis dan Sejarah Hadist

 

Pada masa awal Rasulullah melarang penulisan hadits agar tidak tercampur dengan periwayatan Al Qur'an. Setelah beberapa waktu, Rasulullah memperbolehkan penulisan hadits dari beberapa orang sahabat.