sajada beasiswa tahfiz

Berbagai Kampus Tawarkan Beasiswa Untuk Penghafal Al Qur'an

 

Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya Allah mengangkat sebagian kaum berkat kitab ini (al-Quran), dan Allah menghinakan kaum yang lain, juga karena al-Quran.”

(HR. Ahmad 237 & Muslim 1934).

 

Bagi remaja muslim penghafal Al Qur'an, yang punya keinginan melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi tapi tidak memiliki biaya, informasi ini bisa menjadi kabar baik, rupanya di Indonesia telah banyak Perguruan Tinggi negeri maupun swasta yang menawarkan beasiswa, berikut kampus-kampus yang bisa anda tuju.

 

1. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret atau yang lebih dikenal dengan UNS Solo membuka penerimaan beasiswa melalui banyak jalur. Salah satu jalur tersebut adalah Ketentuan Khusus UNS (Ketentuan Khusus UNS Jalur SNMPTN). Syarat jalur ini di antaranya Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 15 juz) yang dinyatakan dengan ”sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten yang memiliki kredibilitas tinggi (pada 2 tahun terakhir).

UNS memberikan kredit atau nilai tambahan untuk pelamar yang memiliki kemampuan menghafal Al Quran (hafidz). Hafal 30 juz disetarakan dengan juara olimpiade internasional. Khususnya bagi yang melamar fakultas kedokteran akan dapat poin tambahan. Saat ini ada sekitar lima orang hafidz 30 juz yang 
berstatus mahasiswa FK UNS. Kemampuan menghafal Alquran membutuhkan IQ di atas rata-rata. Saat ini ada sekitar 50 orang komunitas hafidz di UNS yang 
masuk ke sejumlah fakultas di UNS.

 

2. Universitas Negeri Malang (UNM)

Universitas Negeri Malang (UM) membuka jalur khusus bagi calon mahasiswa yang hafal Alquran. Selain jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, UM juga 
menerima calon mahasiswa baru melalui jalur prestasi. Sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan adalah prestasi bidang akademik, prestasi non akademik, 
seni, ketrampilan, dan keagamaan.

UM menerima siswa dengan kompetensi istimewa yaitu juara MTQ, seni grafis, atau hafal minimal 20 juz Alquran. Mereka dapat masuk UM tanpa tes dan bebas 
memilih program studi yang ada di kampus ini. Saat ini, UM memiliki 68 program studi yang meliputi prodi kependidikan dan non-kependidikan.

Universitas Negeri Malang (UM) membuka jalur khusus bagi calon mahasiswa yang hafal Alquran. Selain jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, UM juga 
menerima calon mahasiswa baru melalui jalur prestasi.

Penerimaan calon mahasiswa baru jalur prestasi diatur oleh Keputusan Rektor Nomor 1.2.47/UN32/KM/2016. Sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan adalah 
prestasi bidang akademik, prestasi non akademik, seni, ketrampilan, dan keagamaan.

UM menerima siswa dengan kompetensi istimewa yaitu juara MTQ, seni grafis, atau hafal minimal 20 juz Alquran. Mereka dapat masuk UM tanpa tes dan bebas 
memilih program studi yang ada di kampus ini. Saat ini, UM memiliki 68 program studi yang meliputi prodi kependidikan dan non-kependidikan.

Proporsi kuota mahasiswa baru 40 persen dari jalur SNMPTN, 30 persen jalur SBMPTN, dan 30 persen jalur mandiri. Adapun jalur mandiri terbagi atas jalur tertulis dan prestasi. UM, lanjut Rofi’uddin, tidak memberikan batasan tertentu dalam menerima hafiz dan hafizah yang masuk melalui jalur prestasi.

 

3. Universitas Jambi (UNJA)

Universitas Jambi (Unja) menggelar "karpet merah" bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA penghapal Alquran (hafiz) 30 juz untuk masuk perguruan tinggi negeri itu tanpa melalui tahapan seleksi.

"Kebijakan Rektor Universitas Jambi memberikan fasilitas khusus bagi hafiz Alquran 30 juz untuk masuk Unja tanpa seleksi dan tes apapun. Mereka bisa memilih fakultas dan jurusan manapun sesuai dengan program studi di sekolah asal masing-masing," kata Kepala Humas Universitas Jambi Akbar Kurnia Putra di Jambi, dilansir Antara, Rabu, 1 Februari 2017.

Rektor Unja Johni Najwan beberapa waktu lalu juga menegaskan komitmen perguruan tinggi yang dipimpinnya itu untuk memberikan fasilitas khusus bagi hafiz Alquran 30 juz.

Penerimaan mahasiswa tahun 2017 merupakan tahun kedua bagi universitas negeri satu-satunya di Kota Jambi itu menerima hafiz Alquran 30 juz menjadi mahasiswa baru tanpa melalui jalur seleksi.

Pada penerimaan mahasiswa tahun 2016 lalu, Unja menerima sebanyak tujuh hafiz Alquran 30 juz. Mereka tersebar di beberapa fakultas di sini. Tahun 2017 ini diharapkan bisa lebih banyak lagi hafiz Al Quran yang bergabung di Unja.

Sementara itu, Universitas Jambi pada penerimaan mahasiswa baru 2017-2018 akan menerima sebanyak 6.500 mahasiswa baru. Selain melalui jalur jalur khusus hafiz Quran 30 juz, juga melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Bersama (UMB) Unja.

 

4. Universitas Andalas (UNAND)

Universitas yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini menerima mahasiswa baru dari kalangan hafizh atau penghafal Al-Quran. Peluang penerimaan mahasiswa hafizh tersebut berdasarkan permintaan program studi (prodi) dan tidak semua hafizh bisa masuk Unand, ada kategori tertentu untuk bisa masuk.

Persyaratannya adalah harus hafal Alquran minimal 5 Juz, nilai rapor yang bagus, berperilaku baik, lulusan SMA/SMK baru atau fresh graduate.

Proses seleksi tersebut merupakan otoritas kampus termasuk indikator pembanding dalam proses memasukkan, ini tetap mengikuti prosedur dan ketentuan SNMPTN.

 

5. Universitas Airlangga (UNAIR)

Drs. Djoko Adi Prasetyo, M.si, perwakilan dari Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR, juga menyampaikan bahwa tahun depan UNAIR siap membuka 
tes masuk melalui hafalan Al quran bagi calon mahasiswa yang memang hafal lebih dari 20 juz.

 

6. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Menindaklanjuti dari Dinas Pendidikan Jabar, surat bertanggal 27 September 2016 itu menyebutkan sejumlah persyaratan khusus untuk memperoleh beasiswa di Unpad.

Sayaratnya adalah memiliki KTP dan kartu keluarga Jabar, calon penerima beasiswa adalah mahasiswa S1 dengan IPK 3,00, dan mahasiswa S2 dan S3 dengan IPK 3,25.

Persyaratan lainnya: "Prioritas mahasiswa berprestasi di bidang hafal Alquran minimal lima juz, olah raga, seni 
budaya, sains, teknologi dan komunikasi."

 

7. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka)

UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta memberikan kesempatan kepada hafidz Quran untuk menjadi mahasiswa UIN Suka tanpa tes. Calon mahasiswa yang dapat diterima tanpa tes minimal sudah harus hafal Al Quran 26 juz. Selain hafal Quran, kampus ini juga membuka pendaftaran tanpa tes bagi calon mahasiswa yang pernah menjadi juara Qori Nasional atau Olimpiade Sains Nasional (OSN).

 

8. Universitas Abdurrab Pekanbaru (UNIVRAB)

Setiap tahun Yayasan UNIVRAB telah mengalokasikan beasiswa sebesar Rp 450 juta bagi 12 mahasiswa berprestasi selain para hafidz Al Quran, maka 
penerima beasiswa juga berasal dari aktivis. Rencananya tahun 2016 program yang sama juga akan diterapkan.

 

9. Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA)

Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang pada Tahun Akademik 2017/2018 memberikan kesempatan kepada Siswa/Siswi kelas III SMA/SMK/MA yang berprestasi di bidang Akademik, Karya Ilmiah, Seni olah raga dan Hafidz Al Qur’an untuk menjadi mahasiswa UNISSULA melalui program penelusuran siswa berprestasi (PSB) BEBAS TES dan BEBAS BIAYA PENDAFTARAN DI UNISSULA.

 

10. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA)

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya membuka beasiswa penghafal Al-Quran untuk 180 calon mahasiswa untuk gratis berkuliah jenjang S1.

Rektor Uinsa Prof Abd A’la mengatakan, saat ditemui di kampusnya, Kamis(14/7/2016) mengatakan untuk mendapatkan input mahasiswa yang berkualitas dan sebagai kampus yang berbasis agama Islam tahun ini pihaknya membuka program beasiswa penghafal Al-Quran.

"Beasiswa yang diberikan bagi calon mahasiswa hafal Al-Quran berupa bebas uang kuliah tunggal (UKT) selama 8 semester. Syarat beasiswa ini, para hafidz tidak harus hafal Al Quran secara keseluruhan atau 30 juz, namun cukup 5 juz saja tetapi untuk jurusan tafsir minimal 10 juz atau mampu membaca kitab kuning. Selain itu ditambah dengan hafalan 50 hadis dan tes keterampilan tambahan berupa kaligrafi dan qori.

Pilihan jurusan untuk beasiswa hafal Al Quran ini juga cukup banyak, setidaknya ada 12 jurusan yang bisa diambil.

Diantaranya adalah pengembangan masyarakat islam, manajemen dakwa, hukum pidana, perbandingan mazhab hukum, zakat dan wakaf, ilmu falak, filsafat agama, perbandingan agama, ilmu hadis, ilmu aqidah, ilmu Al Quran dan tafsir serta akhlaq dan tasawwuf.

 

11. UNPAS

Dimulai tahun 2016 lalu Unpas memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang tahfidz Quran. Bagi yang hafal seluruh surat (30 juz) Quran, maka mahasiswa yang bersangkutan dibebaskan dari kewajiban membayar biaya kuliah. Hal itu diumumkan Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp., M.Si., M.Kom. pada saat pelaksanaan kegiatan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017. 

Pengecekan terhadap hafalan Quran—istilahnya murojaah, dilaksanakan sekitar dua jam, di ruang rapat Rektor Unpas Jl. Setiabudhi 193 Bandung. Selain pihak LPPSI, Rektor Unpas dan para Wakil Rektor pun diberi kesempatan untuk menyampaikan tes terhadap mahasiswa yang bersangkutan.

Pengecekan dilakukan melalui tiga cara. Pertama, mengecek hafalan setiap juz pada dua ayat pertama dan dua ayat terakhir. Kedua, pengecekan secara acak untuk surat-surat Quran yang dinilai tingkat kesulitan membacanya tinggi. Ketiga, surat-surat pada juz 29 dan 30 yang biasanya digunakan pada bacaan sholat. Selain itu, ada juga surat yang harus disampaikan keseluruhan, misalnya Yaasiin dan Ar-Rahman.

 

Selain perguruan tinggi tersebut masih banyak perguruan tinggi lain yang bisa ditanyakan langsung kepada pihak kampus yang akan anda tuju.

Mengingat kebijakan dari kampus selalu mengalami dinamika perubahan, diharapkan pembaca untuk melakukan pengecekan ulang saat ingin mendapat beasiswa melalui jalur tahfiz (penghapal Al Qur'an)

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

Baca Juga :

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

Yang Muda Yang Cinta Al Qur'an

Musa, Penghafal AlQur'an Termuda Musabaqoh Hifzil Quran Internasional

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an

Berbagai Kampus Tawarkan Beasiswa Untuk Penghafal Al Qur'an

Berinteraksi Dengan Al Qur'an

Alqur'an dan Science

BERITA

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

Jika Dakwah Adalah Kegiatan Marketing

Seringkali kita merasa sedang mengajak (berdakwah) padahal kita malah semakin menjauhkan target audiens tersebut kepada Islam. Logika sederhananya adalah, apakah kita akan membeli produk yang dijual oleh sales yang membenci kita?

 

Media Berita Yang Tunduk Pada Kemauan Pemodal

Jika disaat umat muslim yang sedang menjalankan keyakinannya umatnya sendiri disebut intoleran dan anti kebhinekaan, sementara oknum dari umat beragama lain yang mencampuri urusan umat muslim malah dianggap toleran dan pro kebhinekaan, maka pembelokkan opini sedang terjadi.

Koreksi Terhadap Pandangan Mainstream Tentang Sejarah Islam Di Indonesia

Padahal sejak abad ke 6, agama Islam telah berdampingan bersama agama Hindu & agama Budha di Nusantara telah ada kerajaan-kerajaan Islam jauh sebelum kerajaan Majapahit.

Mereka Yang Disematkan Predikat Intoleran dan Anti Kebhinekaan


Imam Syafi’i : ” Perhatikanlah panah-panah musuh (ditujukan kepada siapa) maka akan menunjukimu siapa pengikut kebenaran”.

TAUSIAH

Abdullah Gymnastiar

Yan Gymnastiar atau lebih dikenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym adalah seorang pendakwah, penulis buku, pengusaha dan pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung.

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Habib Muhammad Rizieq Syihab

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Habib Muhammad Rizieq Syihab Rabu 17 Mei 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017

Doa Mohon Terbebas Dari Hutang

Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazan, wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali, wa a'udzubika minal jubni wal bukhli, wa a'udzubika min ghabatid dayni wa qahrir rijaal

Mereka Yang Didoakan Oleh Para Malaikat

Malaikat pun senantiasa mendoakan manusia, sehingga atas kedudukannya yang mulia, tentunya kita pun berharap menjadi termasuk manusia yang didoakan oleh para malaikat.

BELAJAR ISLAM

Huruf Hijaiyah

Agar bisa membaca Al-Qur’an, kita perlu mengenali huruf-huruf hijaiyah, yang juga merupakan huruf dalam bahasa Arab.

Kisah Nabi Musa & Wanita Penzina

Malaikat Jibril lalu bertanya, “Mengapa engkau menolak seorang wanita yang hendak bertaubat dari dosanya? Tidakkah engkau tahu dosa yang lebih besar daripadanya?

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

 

Dengan menghafal, bukankah artinya kita terus mengulang-ulang bacaan sehingga kita banyak mendapat pahala beserta manfaat-manfaat lainnya yang didapat untuk orang yang membaca Al Qur'an.

 

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Hukum Dalam Fiqih

Hukum Dalam Fiqih Terbagi Menjadi Lima