sajada ukhuwah

 

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial 

 

Media Sosial merupakan sebuah alat sebagaimana pisau atau alat-alat lainnya. Pisau bisa saja digunakan menjadi alat untuk menodong tetapi bisa juga menjadi alat untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

Kehadiran media sosial juga bisa menjadi sesuatu yang cuma membuang waktu, tetapi bisa juga menjadi tempat mencari ilmu.

Walaupun tentunya mencari ilmu dengan menghadiri secara langsung majelis ilmu tentunya lebih baik, tetapi dengan kehadiran media sosial, membuat kita dapat mengisi kekosongan kita akan ilmu saat menjalani rutinitas sehari-hari.

Para pedagang yang menunggu pembeli tidak lagi jenuh, karena bisa memutar video ceramah dan membaca artikel tentang ilmu agama dari link yang sering di sebarkan lewat media sosial.

Para pekerja yang biasanya mendengarkan musik sambil bekerja bisa menggantinya dengan mendengar suara ceramah walau tanpa menonton videonya, agar kita bisa mendapat dua manfaat sekaligus, pekerjaan beres, ilmu juga bertambah.

Begitu juga para ibu rumah tangga, petugas jaga, penumpang kendaraan umum dan sebagainya. Waktu luang yang biasanya terbuang kini dapat terisi oleh ilmu yang bermanfaat.

 

Tidak Semua Informasi Itu Benar Sekaligus Tidak Semua Informasi Itu Salah 

Ada hal yang harus kita ingat, di dalam dunia maya, siapa pun bisa menulis apa saja dan bisa membuat video apa saja. Tentunya butuh kehati-hatian dalam menerima informasi. Filter satu-satunya adalah diri kita sendiri. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah :

Seringkali kita temukan judul artikel atau video ceramah yang kontroversi padahal isinya tidak sesuai judul.

Ada pula yang bertujuan untuk mengadu domba antar pengikut ulama yang berbeda pendapat. Mereka membuat Konten video yang sengaja diambil sepotong-potong, seolah-olah para ulama itu bicara bergantian dalam satu majelis, atau seolah-olah video-video itu saling menyikapi pembicaraan antara satu dengan yang lain.

Ada pula yang bertujuan untuk menjatuhkan nama dan kredibelitas ulama. Mereka mencari-cari ucapan kepeleset untuk dibesar-besarkan atau mengambil potongan singkat yang maknanya akan berbeda saat didengarkan secara utuh.

Ada pula yang bertujuan untuk memanfaatkan ceramah ulama untuk mendukung sudut pandang pembuatnya tetapi juga mengambil potongan singkat yang maknanya akan berbeda saat didengarkan secara utuh.

Maka sebaiknya para ulama atau pendakwah punya media sosial resmi sendiri, agar para pencari ilmu terutama yang masih suka informasi instan tidak tersasar ke jebakan artikel atau video dari "pihak yang tidak senang" akan ghirah (semangat) belajar agama dari masyarakat Indonesia yang sedang tinggi-tingginya.

Sebagai insan yang haus akan ilmu agama, kita pun semestinya tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang seperti itu.

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

 


 

BERITA

Masjid Indonesia Pertama di London-UK

 

Kisah perjuangan pembangunan Masjid Indonesia pertama di London menemui babak baru. Upaya yang telah dirintis sejak 20 tahun tersebut, kini terancam gagal.

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Awas Iklan & Web Bertopeng Islam Mencatut Nama Nabi Isa - Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus

 

Saat berkunjung ke media online islami, pengunjung sering menemukan iklan yang memunculkan wajah Yesus atau Isa Almasih, yang tentunya wajah khayalan versi umat Kristen. Yang menarik didalam iklan tersebut, iklan tersebut, terdapat tulisan-tulisan yaitu penggalan terjemahan dari Alquran surat Alfatihah ayat 6, yaitu : "Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus", "Nama Isa Almasih" hingga "Akulah Jalan Yang Lurus".

 

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

 

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya. 

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

TAUSIAH

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Adi Hidayat

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Adi Hidayat Mei 2017 

Khalid Basalamah

 

Ustadz Khalid Basalamah menjalani pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah lalu melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan melanjutkan lagi pendidikan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia.

Adi Hidayat

 

Ustadz Adi Hidayat menyelesaikan pendidikan pasca sarjana nya  di Islamic Call College Tripoli, Libya dan pendidikan magister nya di Agama Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Gunung Djati Bandung. 

Yusuf Mansyur

 

Yusuf Mansur adalah seorang tokoh pendakwah, penulis buku dan pengusaha dari Betawi, sekaligus pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang dan pengajian Wisata Hati.

Mintalah Pertolongan Allah

 

Pernahkah kita merasa berada di titik nadir, dimana kesulitan yang kita miliki seolah-olah sudah tidak ada lagi jalan keluarnya?

BELAJAR ISLAM

Silsilah Garis Keturunan 25 Nabi dan Rasul

 

Menurut pendapat para ulama, jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, dikatakan bahwa jumlah nabi mencapai hingga 124.000 orang. 

Mengenal Sifat Allah

Sifat Allah itu tidak terhitung atau tidak mungkin terdefinisi oleh ilmu manusia yang terbatas.

Hanya saja para ulama terdahulu mencoba membuat metode membatasi sifat Allah yang kita kenal dengan "20 sifat wajib" agar kita dapat lebih mudah mengenal Allah melalui sifat-Nya.

Pembagian Hukum Fiqih

Fikih (Fiqh) adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Allah.

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Cara, Urutan, Bacaan Dan Gerakan Sholat

 

Berikut Urutan, Bacaan dan Gerakan Sholat dengan panduan urutan Berdasarkan urutan 13 Rukun Sholat dan Hal-Hal Sunah yang menyertainya