sajada sholat fardhu

 

Sholat Fardhu 5 Waktu 

Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) adalah kewajiban medirikan sholat sebanyak lima kali dalam satu hari diwaktu yang telah ditentukan bagi setiap muslim, baik laki laki maupun perempuan.

Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) merupakan rukun kedua dari 'Rukun Islam' dan salah satu ibadah paling penting kedudukannya sehingga disebut sebagai tiang agama dan perintah Sholat Fardhu ini, diperintahkan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, tanpa melalui perantara Malaikat Jibril dalam peristiwa 'Isra Mi'raj'.

 

Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) terdiri dari 5 sholat yaitu :

1. Sholat Subuh (Fajar)

  • Terdiri dari 2 Rakaat
  • Waktu pelaksanaannya disekitar waktu fajar, saat sekitar beberapa jam sebelum matahari terbit, kisaran waktu pukul 4.30 hingga menjelang matahari terbit (tergantung perhitungan waktu harian).
  • Tata caranya mengikuti Rukun Sholat.
  • Bacaan niatnya, 

 

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA.

Aku berniat shalat fardu Shubuh dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala. 

 

2. Sholat Zhuhur 

  • Terdiri dari 4 Rakaat
  • Waktu pelaksanaannya disekitar waktu tengah hari, saat sekitar matahari diatas kepala, kisaran waktu pukul 12.00 hingga menjelang waktu Ashar (tergantung perhitungan waktu harian).
  • Tata caranya mengikuti Rukun Sholat.
  • Bacaan niatnya, 

 

اُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHODL ZHUHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA

Aku berniat shalat fardu Zhuhur empat raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

 

3. Sholat Ashar 

  • Terdiri dari 4 Rakaat
  • Waktu pelaksanaannya disekitar waktu menjelang sore hari, saat sekitar beberapa jam sebelum matahari terbenam, kisaran waktu pukul 15.30 hingga menjelang matahari terbenam (tergantung perhitungan waktu harian).
  • Tata caranya mengikuti Rukun Sholat.
  • Bacaan niatnya, 

 

اُصَلّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً  ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHOL 'ASHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA.

Aku berniat shalat fardu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

 

4. Sholat Maghrib

  • Terdiri dari 3 Rakaat
  • Waktu pelaksanaannya disekitar waktu sore hari, saat sekitar sesudah matahari terbenam, kisaran waktu pukul 18.00 hingga menjelang waktu Isya (tergantung perhitungan waktu harian).
  • Tata caranya mengikuti Rukun Sholat.
  • Bacaan niatnya, 

 

اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً  ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA.

Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

 

5. Sholat Isya

  • Terdiri dari 4 Rakaat
  • Waktu pelaksanaannya disekitar waktu awal malam, saat sekitar beberapa jam sesudah matahari terbenam, kisaran waktu pukul 19.00 hingga menjelang waktu Subuh (tergantung perhitungan waktu harian).
  • Tata caranya mengikuti Rukun Sholat.
  • Bacaan niatnya, 

 

اُصَلّى فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً  ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHOL 'ISYAA'I ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA.

Aku berniat shalat fardu 'Isya empat raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


BERITA

Musa, Penghafal AlQur'an Termuda Musabaqoh Hifzil Quran Internasional

Musa merupakan peserta termuda, yaitu berusia tujuh tahun dimana peserta lainnya berusia diatas sepuluh tahun dalam Musabaqoh Hifzil Quran Internasional kategori 30 juz untuk anak-anak di Sharm El-Sheikh, Mesir.

Tata Cara Pengurusan Sertifikat Halal MUI

 

Sertifikat Halal MUI adalah fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syari’at Islam. Sertifikat Halal MUI ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. 

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

Perang Pemikiran (Ghowzhul Fikri)

 

Islam memimpin dunia saat umatnya berpegang teguh pada ajaran agamanya dan menjadi bulan-bulanan di saat jauh dari ajaran agamanya. Sementara justru bangsa-bangsa Eropa merebut kepimipinan dunia saat mereka menjadi sekuler (Zaman Renaissance) dan hidup dalam kegelapan saat menggunakan ajaran-ajaran agamanya untuk urusan dunia.

Takutnya Musuh Islam Dengan Terjalinnya Ukhuwah Islamiyah

Saat ini terlalu banyak kita menyaksikan hal-hal ironis dimana kita sangat mesra dengan mereka yang memusuhi Islam tetapi sangat keras terhadap sesama ahlussunnah waljamaah.

TAUSIAH

Yahya Zainul Ma'arif | Buya Yahya

Yahya Zainul Ma'arif yang lebih akrab disapa Buya Yahya, ladalah pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon.

Doa Mohon Terbebas Dari Hutang

Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazan, wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali, wa a'udzubika minal jubni wal bukhli, wa a'udzubika min ghabatid dayni wa qahrir rijaal

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Abdullah Gymnastiar 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Abdullah Gymnastiar 2017

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

Berinteraksi Dengan Al Qur'an

 

Al Qur'an merupakan bukti paling nyata keberadaan Allah Subhanahu Wa ta'ala. Bayangkan, kita diberikan kesempatan membaca satu-satunya buku (kitab) yang selalu dijaga keasliannya yang berisikan ucapan atau kata-kata (Firman) Tuhan (Allah Subhanahu Wa ta'ala).

BELAJAR ISLAM

Rukun Islam

Rukun adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi, jadi Rukun Islam adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang muslim atau muslimat.

Rukun Iman

Rukun Iman adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang dapat dikatakan beriman. Iman sering diartikan dengan percaya atau secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan).

Rukun Sholat

Rukun Shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tidak sah.

Kisah Nabi Musa & Wanita Penzina

Malaikat Jibril lalu bertanya, “Mengapa engkau menolak seorang wanita yang hendak bertaubat dari dosanya? Tidakkah engkau tahu dosa yang lebih besar daripadanya?

KH. Hasyim Asy'ari

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia.