sajada subuh alazhar

Suasana Sholat Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar, Jakarta

 

Kesadaran Bahwa Muslim itu Bersaudara.

 

Semenjak bergulirnya masalah "Penistaan Al qur'an", terlepas dari masalah itu sendiri, rupanya membawa dampak positif, yaitu merekatnya kembali ukhuwah Islamiyah. Kita, sesama muslim, yang biasanya terjebak dalam penggalian jurang perbedaan atas hal-hal khilafiah, sibuk membandingkan diantara kita, siapa yang paling "ahlussunah waljama'ah" dan sebagainya, kini atas izin Allah, kita sudah mulai bisa menempatkan prioritas yang lebih urgent, yaitu menghadapi mereka yang memang menjadikan Islam sebagai musuhnya. 

 

Awalnya banyak perpekstif yang tidak sama dalam menyikapi "Ucapan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama mengenai surat Almaidah ayat 51" tersebut. Karena kita memang melihatnya dari sudut pandang yang berbeda-beda, sehingga reaksi kita pun juga tak sama. Kemudian setelah terjadi keajaiban peristiwa Sholat Jumat Terbesar di Dunia atau peristiwa yang populer dengan Aksi 212, banyak dari kita yang tadinya cuma melihat masalah ini hanyalah masalah persaingan politik merebut "Jakarta 1" akhirnya mulai mencari tahu, "Kenapa Allah menurunkan energi spiritual sedahsyat ini?" Ternyata memang ada sesuatu, sehinga mereka yang tadinya bereaksi berbeda, seperti acuh, apatis hingga sinis, kini bagai guliran bola salju yang semakin besar, banyak mulai mengkoreksi sudut pandangnya dan memberikan dukungan hingga doa. 

 

Sudut pandang kita memang sangat dipengaruhi media mainstream raksasa yang memang tidak dimiliki oleh umat islam. Sehingga kita hanya diizinkan untuk mengakses informasi-informasi yang hanya sepemikiran dengan kepentingan para orang-orang dibelakang media tersebut. Mereka juga membuat kita hanya melek pada hal-hal kecil, tetapi buta terhadap masalah global. Seolah-olah kita dibuat sibuk meributkan masalah genteng rumah yang bocor sementara diluar sana gelombang tsunami akan menghajar rumah kita. 

 

Kondisi ini diperparah dengan hadirnya media-media muslim yang juga lebih fokus terhadap masalah "memusuhi sesama saudaranya" tadi, sementara musuh sebenarnya sedang asik menonton sambil menyemangati perkelahian kita.

 

Rupanya kesadaran bahwa sesama muslim itu bersaudara mulai memenuhi dada para muslimin di Indonesia. Tak heran, banyak pemandangan yang tidak biasa kita lihat sebelumnya, seperti duduk bersamanya ulama yang biasa disebut dengan golongan A di majelis B, begitu pula sebaliknya. Karena ada kesadaran bahwa baik A maupun B adalah sesama "Ahlussunnah Waljama'ah". Mereka mengikrarkan Syahadat yang sama, Meyakini Rukun Iman yang sama, Menjalankan Rukun Islam yang sama, Meyakini Al Qur'an yang sama,  Sama-sama Mengikuti Rasulullah SAW dan menghormati semua sahabat Rasulullah SAW.

 

 

 

Tabligh Akbar Politik Islam - Subuh Berjama'ah di Masjid Al Azhar  

 

Tabligh Akbar Politik Islam (Berbeda Dalam Mahzab, Bersatu Dalam Politik) ini diselenggarakan oleh PPI dan GNPF-MUI dengan tajuk "Memilih Pemimpin Muslim"

Acara ini tergolong sukses dengan melihat kehadiran jamaah subuh yang jumlahnya seperti layaknya jamaah sholat ied. Bahkan karena saking penuhnya jamaah yang datang dan pelataran luar masjid sudah tidak bisa lagi menampung, para jemaah yang tidak mendapat tempat dialihkan ke aula sekolah yang berada di samping Masjid.

Tentunya jamaah yang membludak ini sebagiannya adalah alumnus aksi 212 yang terus istiqomah mengikuti rangkaian kelanjutan kegiatan tersebut.

Setelah sholat subuh berjamaah, jamaah diperkenalkan dengan PPI (Pengajian Politik Islam), dimana Prof. Hamdan Zoelfa (Mantan Ketua MK) diangkat menjadi ketua Pengurus dalam kegiatan tersebut. Dalam sesi tersebut disampaikan pentingnya Masjid sebagai tempat untuk melakukan kegiatan politik sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Ustadz Bachtiar Nasir, Ketua GNPF-MUI seperti biasanya, terus menyalakan semangat dan mengugah keistiqomahan jamaah untuk terus mengawal gerakan izzah (kebangkitan) Islam ini.

Pada sesi mimbar calon gubernur khusus muslim, sayangnya hanya Anies Baswedan, yang mengunakan kesempatan ini, padahal umat islam tentunya ingin mengetahui sejauh mana kontribusi para calon gubernur terhadap Islam. Anis Baswedan dihadapan para ulama dan jamaah menyatakan komitmennya untuk mendukung berbagai aktivitas yang sudah lazim diadakan oleh umat muslim serta menolak Reklamasi Teluk Jakarta. 

Berikutnya Ustadz Tengku Zulkarnain, Wasekjen MUI, sempat menceritakan kisah penghadangan bersenjata tajam terhadap dirinya di Bandara, dimana banyak kejanggalan, bila aksi tersebut dikatakan merupakan aksi spontanitas. Bahkan sebenarnya beliau memaksa untuk turun untuk mendengar langsung apa yang diinginkan penghadangnya, tetapi karena tidak diizinkan akhirnya beliau menurut walaupun beberapa saat kemudian beliau kembali lagi ke tempat tersebut.

Prof Amien Rais, pada sesi selanjutnya sempat mengingatkan tentang kewaspadaan jamaah terhada perang proxy yang dilancarkan oleh negara-negara yang menginginkan wilayah Indonesia dan agar jamaah pun melek terhadap kondisi global.

 

 

Ramaikan Sholat Subuh  

 

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.”

(HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651) 

 


sajada subuh alazhar 2Beberapa tahun yang lalu kondisi masjid, terutama pada saat sholat subuh, mungkin hanya terdiri dari satu shaf dan itu pun para lansia.

Tetapi pada saat ini banyak bermunculan mulai dari anak-anak muda hingga bapak-bapak, bahkan ibu-ibu para "Pejuang Sholat Berjamah di Masjid dan "Pejuang Subuh Berjamaah" , baik di lingkungan kantor, kampus, sekolah, perumahan dan sebagainya.

 

Sehingga lahirlah Jargon layaknya iklan yang sering kita temui, seperti :

"Laki, Sholat di Masjid!"  

"Bonus 27 kali lipat, MAU??!"

 

Beberapa tahun yang lalu, jangankan saling mengajak sholat, mau sholat saja kita merasa sungkan terhadap yang tidak sholat, padahal sesama muslim.

Beberapa tahun kemudian, walaupun belum saling mengajak, tetapi di beberapa meja kerja sering kita jumpai ada sejadah, tampak karyawan yang sholat di samping meja kerja.

Kini, semakin banyak dari kita, saat mendekati waktu azan, sudah saling mengajak untuk berangkat ke Masjid.

Sebentar lagi, Insya Allah Jemaah Sholat Subuh di masjid ramainya akan seperti Jemaah sholat Jumat, jika semakin banyak dari kita yang menjadi"Pejuang Sholat Berjamah di Masjid dan "Pejuang Subuh Berjamaah".

 

Lalu diantara sholat fardhu kenapa sholat subuh berjamaah yang menjadi perhatian?

Karena di waktu subuh lah kita dapat melihat kekuatan umat Islam yang sesungguhnya. 

 

 

 

 

 sajada subuh alazhar 3 

 Suasana Sholat Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar, Jakarta 

 

sajada subuh alazhar 4 

 Suasana Sholat Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar, Jakarta

 

sajada subuh alazhar 5

 Suasana Sholat Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar, Jakarta

 

Video Suasana Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 


Novel Religi - Al Kahfi Land - Mencarimu Menyebrang Waktu

baca juga trendingrumah.com

Feed not found.

NEWS

Jika Dakwah Adalah Kegiatan Marketing

 

Seringkali kita merasa sedang mengajak (berdakwah) padahal kita malah semakin menjauhkan target audiens tersebut kepada Islam. Logika sederhananya adalah, apakah kita akan membeli produk yang dijual oleh sales yang membenci kita? 

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Tabligh Akbar Politik Islam - Subuh Berjama'ah di Masjid Al Azhar

 

Semenjak bergulirnya masalah "Penistaan Al qur'an", terlepas dari masalah itu sendiri, rupanya membawa dampak positif, yaitu merekatnya kembali ukhuwah Islamiyah.  

Akhir Dakwah Petinju Legendaris, Muhammad Ali

 

Usai bersyahadat, Petinju legendaris yang dijuluki The Greatest (terbesar), Muhammad Ali berkata, ”Aku meyakini bahwa aku sedang berada di depan sebuah kebenaran yang tak mungkin berasal dari manusia.”

EKONOMI SYARIAH

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Aplikasi Muslim Ummah Merupakan Aplikasi Lifestyle Tentang Islam

 

Aplikasi Muslim Ummah merupakan aplikasi lifestyle tentang Islam dan juga pengingat jadwal sholat serta Al Qur’an yang disertai audio untuk pembelajaran Al Quran per ayat. Saat ini Aplikasi Muslim Ummah sudah mencapai ratusan ribu download dengan lebih dari puluhan ribu pengguna aktif setiap hari. 

Kongres Ekonomi Umat 2017

 

Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta. 

Wujudkan Indonesia Sebagai Kiblat fashion Muslim Dunia

 

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi ini harus menjadi sebuah modal awal untuk melangkah sebagai pemain terdepan. 

BELAJAR

Bab: Bagian dari iman hendaknya mencintai untuk saudaranya sebagaimana dia mencintai untuk dirinya sendiri

KITAB: IMAN

Bab: Bagian dari iman hendaknya mencintai untuk saudaranya sebagaimana dia mencintai untuk dirinya sendiri

 

Bab: Penjelasan bahwa islam muncul dengan keterasingan dan akan kembali dengan keterasingan

1 KITAB: MUKADIMAH

Bab: Penjelasan bahwa islam muncul dengan keterasingan dan akan kembali dengan keterasingan

 

Bab: Keutamaan wudlu

3 KITAB: THAHARAH

Bab: Keutamaan wudlu

 

Bab: Bolehnya orang junub untuk tidur, disunahkannya wudlu untuk tidur dan membasuh kemaluan

3 KITAB: THAHARAH

Bab: Bab: Bolehnya orang junub untuk tidur, disunahkannya wudlu untuk tidur dan membasuh kemaluan

 

Bab: Agama itu mudah

KITAB: IMAN

Bab: Agama itu mudah

 

TAUSIYAH

Usia 40 Tahun, Belum Ada Minat Terhadap Agama, Pertanda Buruk Sisa Umur

 

Kaum salaf, apabila diantara mereka ada yang sudah berumur 40 tahun, ia mulai melipat kasur, yakni tidak akan tidur lagi sepanjang malam, selalu melakukan shalat, bertasbih dan beristighfar. 

Berbeda Tetapi Tetap Sayang

 

Sungguh walau kami berdua berbeda faham, tetapi beliau mau hadir untuk memberi tausiyah walau tidak ikut zikir bersama. Beliau tidak berqunut, tetapi saat sholat subuh di mesjid Az Zikra disamping abang, beliau ikut berqunut.

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

 

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

Adab di Hari Raya

 

Hari raya bagi seorang muslim bukan sekedar berbahagia dan bersenang-senang tetapi justru merupakan momen untuk semakin menguatkan hubungan dengan Allah Subhana WaTa’ala

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

SEJARAH

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

REFERENSI

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Muhammad Zulkifli Ali, LC

 

Jadwal Majelis Taklim Ustadz, Ceramah, Tausiyah  Muhammad Zulkifli Ali, LC 6 - 21 Mei 2017 

Pondok Modern Gontor

 

Pondok Modern Gontor adalah pelopor pesantren modern yang membekali santrinya dengan pendidikan agama Islam ditambah ilmu-ilmu umum yang menunjang kompetensi santrinya seperti menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa sehari-hari. 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Habib Muhammad Rizieq Syihab

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Habib Muhammad Rizieq Syihab Rabu 17 Mei 2017 

Abdullah Gymnastiar

 

Yan Gymnastiar atau lebih dikenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym adalah seorang pendakwah, penulis buku, pengusaha dan pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung. 

Khalid Basalamah

 

Ustadz Khalid Basalamah menjalani pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah lalu melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan melanjutkan lagi pendidikan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia.

DOA

Doa Sebelum dan Sesudah Bepegian

 

BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAH

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

 

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“  

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

Bismika Allahuma Ahya Wa Amuut.

Alhamdulillahi ladzi Ahyana Ba'da Maa Amaa Tanaa Wa ilaihin Nusyuur.

Doa Sebelum (Niat) dan Sesudah Wudhu

 

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaaffi ta’aalaa

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata