sajada habib rizieq

 

Muhammad Rizieq Shihab

Profil

Muhammad Rizieq Shihab lahir di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 1965. Ayahnya Habib Husein bin Muhammad Shihab dan ibunya Syarifah Sidah Alatas. Ayahnya meninggal semenjak ia masih berumur 11 bulan dan semenjak itulah ia tidak dididik di pesantren. Namun sejak berusia empat tahun, ia sudah rajin mengaji di masjid-masjid. Ibunya yang sekaligus berperan sebagai bapak dan bekerja sebagai penjahit pakaian serta perias pengantin, sangat memperhatikan pendidikan Muhammad Rizieq Shihab dan satu anaknya yang lain.

Setelah lulus SD, Muhammad Rizieq Shihab masuk ke SMP Pejompongan, Jakarta Pusat. Ternyata jarak sekolah dengan rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat terlalu jauh. Ia pun kemudian dipindahkan ke sekolah yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya. Lulus SMA, Habib Rizieq meneruskan studinya di Universitas Raja Saud, Arab Saudi, yang diselesaikan dalam waktu empat tahun dengan predikat cum-laude. Habib Muhammad Rizieq Shihab pernah kuliah untuk mengambil S2 di Malaysia, tetapi hanya setahun.

Habib Muhammad Rizieq Shihab mendeklarasikan berdirinya Front Pembela Islam (FPI) pada tanggal 17 Agustus 1998. Front Pembela Islam (FPI) adalah sebuah organisasi massa Islam yang berpusat di Jakarta. Selain beberapa kelompok internal, yang disebut oleh FPI sebagai sayap juang, FPI memiliki kelompok Laskar Pembela Islam, kelompok yang menegakkan amar ma'ruf nahi munkar, melakukan aksi-aksi penertiban terhadap kegiatan-kegiatan maksiat atau bertentangan dengan syariat Islam.

Dalam standar operasional prosedur (SOP) FPI, sebelum dilakukan penertiban, FPI bergerak berdasarkan laporan masyarakat yang menganggap kemaksiatan yang ada dikawasannya tidak mendapat tanggapan dari pihak berwenang, kemudian FPI mengirim anggotanya untuk melakukan penyelidikan, jika memang ternyata terbukti, maka dikirim anggota FPI untuk melakukan tausiyah (nasihat) kepada pihak pelaku kemaksiatan, jika setelahnya kemaksiatan tetap dilakukan, barulah FPI melakukan tindakan "Nahi Munkar" atau penertiban. Sayangnya dengan karena memang banyak pihak yang lebih mendukung kemaksiatan, maka "image" FPI sengaja dibentuk sebagai ormas yang mengganggu ketertiban.

 

Pendidikan

  • SDN 1 Petamburan, Jakarta (1975)
  • SMP 40 Pejompongan, Jakarta
  • SMP Kristen Bethel Petamburan, Jakarta (1979)
  • SMA Negeri 4, Gambir, Jakarta
  • SMA Islamic Village, Tangerang (1982)
  • Jurusan Studi Agama Islam (Fikih dan Ushul) Universitas Raja Saud (S1), Riyadh, Arab Saudi (1990)
  • Studi Islam, Universitas Antar-Bangsa (S2), Malaysia
  • Universitas Antar-Bangsa (S3), Malaysia 

 

SAJADA Media Islam Inspiratif 

Belajar Bisnis Online di trendingbisnis.com

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis